Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RI Prakarsai Langkah Nyata

Kompas.com - 28/05/2011, 03:33 WIB

NUSA DUA, KOMPAS - Indonesia memprakarsai rencana aksi nyata Gerakan Nonblok mendukung proses perdamaian dan terwujudnya Palestina merdeka dan berdaulat penuh tahun ini. Langkah itu diambil untuk menunjukkan, GNB tidak sekadar mengeluarkan pernyataan dan deklarasi belaka.

Demikian salah satu hasil Konferensi Tingkat Menteri (KTM) XVI Gerakan Nonblok (GNB) yang diumumkan Menteri Luar Negeri RI Marty Natalegawa di Nusa Dua, Bali, Jumat (27/5). Konferensi yang berlangsung sejak Senin itu resmi ditutup pada Jumat siang.

Konferensi ini menghasilkan lima deklarasi baru, mulai dari Deklarasi Peringatan Bali (Bali Commemorative Declaration), deklarasi tentang perlucutan senjata nuklir, hingga dua deklarasi khusus mengenai masalah Palestina.

Deklarasi Peringatan Bali disusun untuk merumuskan ulang konsep dan visi GNB 50 tahun mendatang terkait peringatan 50 tahun GNB tahun ini. ”GNB harus mencari solusi dan menjadi bagian dari solusi berbagai permasalahan di dunia,” kata Marty, yang bertindak sebagai Ketua KTM XVI GNB, tentang inti komitmen GNB tersebut.

Untuk masalah Palestina, GNB bertekad mengawal proses perdamaian hingga solusi akhir dua negara, yakni Palestina dan Israel, yang sama-sama merdeka, berdaulat, dan hidup berdampingan secara damai.

”Deklarasi masalah Palestina ini penting karena sifatnya bukan semata retorika. Dalam deklarasi itu juga disetujui gagasan Indonesia mengenai perlunya rencana aksi antara bulan Mei dan September untuk antisipasi apabila masalah Palestina digulirkan di Majelis Umum PBB di New York, khususnya berkaitan dengan upaya diterimanya Palestina sebagai anggota PBB,” ujar Marty.

GNB menegaskan komitmennya untuk tetap mendukung proses perdamaian yang disponsori Amerika Serikat dan Kuartet Timur Tengah. Di samping itu, GNB tetap menggalang dukungan bagi diterimanya Palestina sebagai anggota PBB dalam Sidang Majelis Umum PBB.

Salah satu bagian rencana aksi ini adalah mendorong sesama anggota GNB, yang belum mengakui kedaulatan Palestina, untuk segera mendukung. Sebelum konferensi ini berlangsung, ada 29 negara dari 118 negara anggota GNB yang belum mengakui Palestina secara resmi.

Dengan bergabungnya Fiji dan Azerbaijan sebagai anggota terbaru GNB, jumlah negara yang belum mengakui Palestina menjadi 30 negara. Fiji tercatat sebagai salah satu negara yang belum mengakui kedaulatan Palestina secara resmi. Marty mengingatkan, negara yang belum mengakui ini tidak berarti punya masalah atau tidak mau mengakui kedaulatan Palestina.

”Mereka belum menyatakan secara resmi saja, mungkin selama ini luput dari perhatian pemerintahan masing-masing. Seruan kami kali ini menjadi wake-up call bagi mereka untuk segera menyatakan dukungan itu,” tutur Marty.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com