Meledak Saat Ahmadinejad Resmikan Kilang

Kompas.com - 24/05/2011, 14:22 WIB
EditorBenny N Joewono

TEHERAN, KOMPAS.com — Sebuah ledakan terjadi di kilang minyak Abadan, Iran, saat Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad berkunjung pada Selasa (24/5/2011). Ledakan tersebut menewaskan satu orang dan mencederai 10 orang.

Namun, menurut laporan resmi pemerintah, insiden berdarah itu tidak memengaruhi kunjungan tersebut. Ahmadinejad tetap menyampaikan pidato yang disiarkan secara langsung oleh televisi.

"Kemungkinan kesalahan teknis diduga yang menyebabkan terjadi ledakan di salah satu dari beberapa unit kilang minyak Iran ini," kata kantor berita Fars, yang melaporkan fasilitas di kota Abadan, Iran barat daya.

"Kebakaran itu segera dikendalikan. Ledakan itu tidak mengganggu program presiden," tambah Fars yang menyebut enam orang cedera dan mengatakan asap tebal menyelimuti kilang tersebut dan membubung di atas kota itu.

Kantor berita Mehr mengatakan, satu orang tewas dalam insiden itu dan 10 orang cedera. "Saat ini kobaran api telah dikuasai dan evakuasi korban telah selesai. Saat ini pihak kepolisian sedang menyelidiki penyebab ledakan tersebut," kata Mehr.

Ahmadinejad berada di kilang tersebut untuk meresmikan satu unit baru, yang berfungsi untuk meningkatkan kapasitas produksi bahan bakar minyak negara itu dengan tambahan sekitar 4,2 juta liter per hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.