Pembajak Somalia Dihadapkan ke Pengadilan Korea Selatan

Kompas.com - 24/05/2011, 04:10 WIB
Editor

SEOUL, SENIN - Empat pembajak Somalia mulai diadili di Korea Selatan, Senin (23/5). Mereka diancam hukuman penjara seumur hidup.

Sementara itu, pembajak kelima akan diadili secara terpisah setelah mengakui semua tuduhan yang dikenakan kepadanya, termasuk tuduhan perampokan maritim, penculikan, dan percobaan pembunuhan.

Kelima pembajak Somalia itu sebelumnya ditangkap dalam sebuah operasi militer yang digelar pasukan khusus Angkatan Laut Korsel. Operasi khusus yang dramatis itu berlangsung 21 Januari lalu.

Para pembajak selama enam hari sempat menguasai kapal pengangkut bahan kimia, Samho Jewelry, yang dioperasikan Korsel. Saat dibajak, kapal itu tengah berlayar di kawasan perairan Laut Arab.

Dalam operasi penyelamatan itu, pasukan khusus AL Korsel berhasil menembak mati delapan pembajak dan menangkap hidup-hidup lima orang yang dibawa ke Korsel. Semua kru yang berjumlah 21 orang dinyatakan selamat.

Seorang awak kapal, kapten kapal Seok Hae-kyun (58), terluka akibat tembakan pembajak. Dia dianggap pahlawan karena berani memperlambat laju kapal sehingga pasukan komando bisa mengejar dan naik ke kapal.

Setelah melalui sejumlah pembedahan, kondisi Hae-kyun dinyatakan stabil dan membaik. Kesaksian tertulis Hae-kyun dan semua awak kapal akan dibacakan dalam sidang, Rabu mendatang.

Proses pengadilan atas keempat pembajak tersebut digelar di kota pelabuhan sebelah selatan Korsel, Busan. Pengadilan tersebut sekaligus mengawali terobosan yang dilakukan Negeri Ginseng itu dalam mengadili para pembajak asing di pengadilan negaranya.

Meski demikian, persoalan bahasa menjadi kendala utama dalam proses pengadilan yang pengamanannya sangat ketat. Pengadilan harus menerjemahkan semua prosesnya dalam tiga bahasa, yaitu Korea, Inggris, dan Somalia.

Pihak penyelidik menemukan fakta para pelaku juga pernah terlibat aksi pembajakan serupa pada tanker super, Samho Dream, yang dioperasikan oleh perusahaan yang sama.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.