Libya Bantah Keluarga Khadafy Kabur

Kompas.com - 20/05/2011, 08:13 WIB
EditorKistyarini

TRIPOLI, KOMPAS.com — Juru bicara Pemerintah Libya, Mussa Ibrahim, membantah laporan bahwa istri dan anak perempuan Moammar Khadafy melarikan diri ke Tunisia. Ibrahim sekaligus membantah pembelotan Menteri Perminyakan Shukri Ghanem.

Istri Khadafy, Safia, dalam keadaan "sehat dan berada di Tripoli," kata Ibrahim dalam sebuah konferensi pers, Kamis (19/5/2011). Dia tidak menyinggung pernyataan Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton yang menyatakan sebaliknya.

Putri Khadafy, Aisha, juga berada di Tripoli. "Mereka tidak meninggalkan negara ini," imbuh Ibrahim.

Terkait kabar pembelotan Ghanem yang sudah beredar selama beberapa hari terakhir, Ibrahim menyatakan bahwa menteri itu tengah menjalankan sebuah misi di Tunisia sebagai tindak lanjut kunjungan kerja ke Eropa dan Mesir.

"Sejauh yang kami tahu, dia sedang melanjutkan pekerjaan. Dia masih pejabat Libya," kata Ibrahim.

Pernyataan Libya itu menegaskan bantahan Pemerintah Tunisia bahwa anak dan istri pemimpin Libya tersebut berada di negara Tunisia. "Laporan-laporan itu tidak benar. Tidak ada anggota keluarga Khadafy yang menyeberang ke perbatasan Tunisia," kata sebuah sumber di Pemerintah Tunisia.

Menteri Perminyakan Ghanem merupakan seorang pejabat senior pada rezim Khadafy. Seorang pejabat Tunisia melaporkan, akhir pekan lalu Ghanem menyeberang dari Libya ke Tunisia, tetapi tidak ada konfirmasi soal kebenaran berita itu.

Ghanem yang juga memimpin perusahaan minyak pemerintah dijadwalkan menghadiri pertemuan OPEC, tetapi sampai kini keberadaannya tidak diketahui.

Media berspekulasi bahwa Ghanem telah membelot. Jika hal itu benar, Ghanem merupakan satu dari beberapa pejabat senior yang meninggalkan Khadafy sejak revolusi Libya pecah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.