Pencuri Bobol Rumah Kaisar China

Kompas.com - 12/05/2011, 08:14 WIB
EditorEgidius Patnistik

BEIJING, KOMPAS.com - Situs terkenal Kota Terlarang di Beijing yang dijaga ketat akhirnya kebobolan juga. Penjaga mengetahui sejumlah barang digondol pencuri dari rumah kaisar-kaisar China itu, Rabu (11/5).

Ada sembilan potong benda berharga yang terbuat dari emas yang lenyap. Pencurian ini adalah yang pertama sejak 20 tahun terakhir, ujar juru bicara pengelola Kota Terlarang, Feng Naien. Akibat kejadian tersebut, penjagaan di tempat bersejarah itu semakin diperketat, termasuk membuat sistem keamanan yang lebih canggih. Penyelidikan serius juga dilakukan untuk mengetahui siapa pencuri tersebut.

Sebenarnya seorang penjaga melihat seseorang mengendap-endap di museum di Kota Terlarang pada Senin subuh. Sayangnya, sebelum penjaga menangkapnya, pencuri itu sudah kabur. Benda yang dicuri berupa kaca berlapis emas dan dompet antik yang dibuat pada awal abad ke-20.

Semua benda pameran itu dipinjam dari Museum Liang Yi di Hongkong. Wang Xiahong, kurator pada Museum Liang Yi, menolak mengungkapkan berapa harga benda yang dibawa kabur itu. Pasti nilainya sangat tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.