Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tetangga Osama bin Laden Dibebaskan

Kompas.com - 08/05/2011, 15:49 WIB

ISLAMABAD, KOMPAS.com — Pasukan keamanan Pakistan telah membebaskan Shamraiz Khan yang tinggal di seberang rumah kecil ke pintu utama kompleks tempat Osama bin Laden tinggal selama lima tahun, kata putra Khan, Qasim, kepada Xinhua, Sabtu (7/5/2011).

Osama bin Laden tewas bersama anaknya dan dua orang lain oleh pasukan Amerika Serikat di sebuah kompleks di kota kecil Bilal, sekitar 3 kilometer dari kota garnisun barat laut Abbottabad.

Qasim mengatakan, ayahnya memanggilnya pada Jumat larut malam dari telepon seluler dan mengatakan bahwa militer telah membebaskan dirinya setelah diinterogasi.

Dia mengatakan, ayahnya telah pergi ke desa leluhurnya daripada datang ke rumahnya di kota Bilal dan mengatakan bahwa ayahnya telah diputuskan berada di bawah tahanan rumah.

"Ayah saya baik-baik saja, tapi dia tidak banyak bicara dan hanya mengatakan bahwa telepon selulernya telah diambil oleh tentara," kata Qasim.

Sebelumnya, Qasim dan kakeknya mengatakan kepada wartawan bahwa Shamraiz Khan dibawa pergi oleh pasukan keamanan Pakistan setelah pasukan khusus AS melakukan penggerebekan atas kompleks tempat Osama tinggal selama lima tahun.

Istri Shamraiz mengatakan kepada wartawan, mereka tinggal di sekitar rumah Osama bin Laden, tetapi ia tidak pernah mengetahui tentang orang-orang yang tinggal di kompleks itu.

Dia berkata telah melihat dua pria yang tinggal di kompleks dan beberapa kali mereka terlihat pergi dengan anak-anak. "Namun, kami tidak pernah melihat wanita," katanya.

Qasim mengatakan, kedua pria, Tariq dan Arshad, mengatakan bahwa mereka berasal dari Peshawar, ibu kota Provinsi Pakhtoonkha Khyber, dan Charsadda, kota penting lain sekitar 40 kilometer dari Peshawar.

"Mereka memiliki mobil Suzuki warna merah, tapi tidak ada satu pun yang tinggal di daerah tersebut tahu tentang pekerjaan mereka," tambahnya.

Doa pemimpin di kota itu mengatakan bahwa Shamraiz Khan juga pernah menjabat sebagai penjaga keamanan kompleks Osama, tetapi anggota keluarganya menolak tuduhan itu dan mengatakan bahwa ia adalah seorang petani biasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com