Eks Perawat Khadafy Minta Suaka Politik

Kompas.com - 06/05/2011, 04:34 WIB
Editoryuli

OSLO, KOMPAS.com — Galyna Kolotnytska, kadang juga dieja Halyna Kolotnytska, eks perawat pemimpin Libya Moammar Khadafy, meminta suaka politik di Norwegia, tempat tinggalnya sekarang.

"Kami sudah diberi informasi oleh dinas imigrasi bahwa ia telah minta suaka politik di Norwegia," kata Siv Alsen, juru bicara Dinas Keamanan Polisi Norwegia, Kamis (5/5/2011). Ia tidak memberitahukan motivasinya.

Kolotnytska menjadi sorotan ketika WikiLeaks memublikasikan kawat diplomatik Amerika Serikat yang mengatakan bahwa ia sangat penting bagi Khadafy hingga selalu diajak ke mana pun Khadafy pergi.

Diplomat Amerika dalam kawat diplomatiknya itu menyebut Kolotnytska sebagai "si pirang yang menggairahkan".

Ia meninggalkan Ukraina menuju Libya sembilan tahun lalu, bekerja sebagai seorang perawat di sebuah rumah sakit sebelum menjadi perawat pemimpin Libya itu kemudian. Kolotnytska dievakuasi dari Libya pada Februari lalu dan bersembunyi di Ukraina untuk menghindari perhatian media.

Ia menolak untuk diwawancarai. Pada Maret, kantor berita Interfax melaporkan, Kolotnytska telah pindah dari apartemennya di Kiev untuk melarikan diri dari gangguan media sejak kepulangannya dari Tripoli.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    25th

    Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X