Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan AS Bantu Pemberontak Libya

Kompas.com - 06/04/2011, 07:03 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — The Harbour Group, perusahaan hubungan masyarakat yang kecil tapi memiliki hubungan baik, membantu organisasi pemberontak paling utama di Libya untuk menaikkan citranya di kalangan wartawan dan politikus di ibu kota AS tersebut.

Richard Mintz, pemimpin The Harbour Group, mengatakan, perusahaannya tak mendapat bayaran buat pekerjaannya untuk kantor Dewan Peralihan Nasional Libya di Washington yang dipimpin oleh Ali Aujali. Ali pada Februari meletakkan jabatan sebagai duta besar besar Tripoli untuk Amerika Serikat. "Kami dengan sukarela menyisihkan waktu kami," kata Mintz.

The Harbour Group, yang tiga pemimpinnya adalah politikus kawakan Demokrat dan Republik, mengatur pembicaraan yang dihadiri banyak orang oleh Aujali pada Senin (4/4/2011) di Center for American Progress, kelompok pemikir liberal yang dekat Presiden AS Barack Obama.

Pada Selasa, The Harbour Group menyatakan di jejaring sosialnya bahwa organisasi tersebut adalah "butik buat perusahaan hubungan masyarakat" yang mengkhususkan diri pada "pemikiran strategi cerdik dan pelaksanaan tanpa ganjalan".

Beberapa laporan yang diajukan The Harbour Group ke Departemen Kehakiman memperlihatkan organisasi tersebut telah mewakili banyak pihak membina hubungan dengan Uni Emirat Arab. Untuk itu, The Harbour Group mengenakan biaya kepada pemerintah Abu Dhabi lebih dari 500.000 dollar AS antara April dan Desember 2009.

Satu biografi Mintz di jejaring perusahaan tersebut menyatakan ia bertugas sebagai direktur staf Hillary Clinton selama kampanye suaminya, Bill Clinton, pada 1992. Kemudian, menjadi kepala urusan hubungan masyarakat buat Transportation Department selama masa pemerintahan Bill Clinton.

Seorang lagi pemimpin The Harbour Group, Richard Marcus, membantu "memikirkan berbagai strategi hubungan media" untuk tiga konvensi presiden bagi Partai Demokrat, katanya.

Pemimpin ketiga, John Buckley, adalah tokoh terkenal di sayap Republik konservatif dan bekerja sebagai juru bicara buat kampanye Presiden Ronald Reagan, Jack Kemp, serta Bob Dole.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com