Khadafy Rangkul Daniel Ortega di PBB

Kompas.com - 30/03/2011, 17:07 WIB
EditorBenny N Joewono

MANAGUA, KOMPAS.com — Rezim Libya Moammar Khadafy telah memilih mantan Menteri Luar Negeri Nikaragua Miguel D’Escoto sebagai perwakilannya di PBB.

Pemerintah Presiden Daniel Ortega mengatakan, Libya telah membuat keputusan berdasarkan keyakinan bahwa Ali Triki tidak dapat memperoleh visa AS untuk menempati posnya di PBB di New York.

"D’Escoto berwenang untuk berbicara atas nama Libya di PBB, menurut surat yang dikirim ke Sekjen PBB Ban Ki-moon oleh pihak berwenang Libya di Managua," menurut istri Ortega dan juru bicara Rosario Murillo.

Diplomat Nikaragua adalah penasihat Ortega urusan internasional. Ortega membela Khadafy saat serangan militer koalisi yang didukung PBB untuk melindungi warga sipil Libya.

Perwakilan Libya di PBB menjadi isu ketika utusan Libya di PBB Mohammed Shalgham membelot dan mengutuk Khadafy.

Khadafy kemudian menggantikan dengan utusan Triki, mantan Menteri Luar Negeri, yang belum menyerahkan surat kepercayaan untuk pengenalan kepada PBB.

Pemerintah Ortega mengatakan, Triki telah ditolak visanya oleh Amerika Serikat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya tidak memiliki informasi tentang apakah visanya itu telah diterbitkan atau apakah visanya tidak diterbitkan," kata Mark Toner, juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Jumat (25/3/2011) lalu.

Namun, Toner mengatakan tidak ada interaksi resmi antara Washington dan Tripoli. "Saya pikir cukup jelas bahwa kami menghentikan kegiatan operasional dengan kedutaan Libya di sini. Tapi saya tidak memiliki rincian lebih lanjut mengenai misi PBB," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.