Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Yakin Umarov Termasuk Korban Tewas

Kompas.com - 30/03/2011, 02:07 WIB

MOSKWA, KOMPAS.com — Pasukan Rusia mengatakan, pemimpin gerilyawan Chechen, Doku Umarov, diduga termasuk di antara orang-orang yang tewas dalam pertempuran di wilayah Kaukasus Utara. Harian Rusia, Kommersant, menyebutkan hal itu, Selasa (29/3/2011).

Sebanyak 17 gerilyawan tewas dalam serangan di sebuah pangkalan di Ingushetia yang digunakan gerilyawan untuk latihan pelaku bom bunuh diri, Senin, menurut Komite Antiteror Rusia.

Serangan itu melibatkan pasukan angkatan darat dan serangan-serangan udara. Tiga petugas Rusia juga tewas dalam kekerasan tersebut.

Identitas para pejuang itu belum diketahui, tetapi aparat penegak hukum mengatakan ada kemungkinan bahwa Umarov, salah satu teroris yang paling dicari Rusia, bisa saja tewas dalam serangan itu.

Umarov, yang menyebut dirinya sebagai Emir dari Emirat Kaukasus, mengaku bertanggung jawab atas pengeboman bunuh diri pada Maret 2010 di kereta bawah tanah Moskwa yang menewaskan 40 orang.

Ia juga mengatakan telah memerintahkan serangan bom mematikan di Bandar Udara Internasional Domodedovo, Moskwa, pada Januari yang menewaskan 37 orang.

Ada beberapa laporan palsu tentang kematian Umarov dalam beberapa tahun terakhir, termasuk spekulasi bahwa ia telah tewas dalam serangan udara di Chechnya pada pergantian tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com