Jepang Diguncang Gempa Lagi

Kompas.com - 28/03/2011, 08:07 WIB
EditorEgidius Patnistik

TOKYO, KOMPAS.com — Gempa bermagnitudo 6,1 mengguncang wilayah pesisir Prefektur Miyagi di Jepang timur laut dan memicu terjadinya tsunami kecil, Senin (28/3/2011) pagi.

Gempa terjadi pada pukul 07.24 waktu setempat (atau 05.24 WIB) dan peringatan tentang kemungkinan tsunami segera dikeluarkan dengan perkiraan ketinggian sektiar 50 sentimeter. Kurang dari 90 menit kemudian, CNN melaporkan, tsunami kecil telah mencapai pantai. Peringatan tsunami itu kemudian dicabut pada pukul 09.05 (atau 07.05 WIB)

Video yang ditayangkan televisi NHK dari daerah zona tsunami menunjukkan riak kecil air, yang menunjukkan naiknya permukaan air laut.

Guncangan gempa pada Senin pagi itu terjadi di dekat lokasi gempa bermagnitudo 9,0 pada 11 Maret lalu yang memicu tsunami besar, menewaskan ribuan orang, serta memicu keadaan darurat nuklir menyusul rusaknya sistem pendingin PLTN di Prefektur Fukushima.

Badan Survei Geologi AS (USGS) sebelumnya mengatakan, gempa itu bermagnitudo 6,5, tetapi kemudian merevisi kekuatannya menjadi 6,1. Pusat gempa terletak sekitar 112 kilometer di timur Sendai, di kedalaman 17 kilometer. Badan cuaca Jepang mengatakan, gempa itu sepertinya merupakan gempa susulan dari gempa besar yang terjadi pada dua minggu lalu itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.