Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Diguncang Gempa Lagi

Kompas.com - 28/03/2011, 08:07 WIB

TOKYO, KOMPAS.com — Gempa bermagnitudo 6,1 mengguncang wilayah pesisir Prefektur Miyagi di Jepang timur laut dan memicu terjadinya tsunami kecil, Senin (28/3/2011) pagi.

Gempa terjadi pada pukul 07.24 waktu setempat (atau 05.24 WIB) dan peringatan tentang kemungkinan tsunami segera dikeluarkan dengan perkiraan ketinggian sektiar 50 sentimeter. Kurang dari 90 menit kemudian, CNN melaporkan, tsunami kecil telah mencapai pantai. Peringatan tsunami itu kemudian dicabut pada pukul 09.05 (atau 07.05 WIB)

Video yang ditayangkan televisi NHK dari daerah zona tsunami menunjukkan riak kecil air, yang menunjukkan naiknya permukaan air laut.

Guncangan gempa pada Senin pagi itu terjadi di dekat lokasi gempa bermagnitudo 9,0 pada 11 Maret lalu yang memicu tsunami besar, menewaskan ribuan orang, serta memicu keadaan darurat nuklir menyusul rusaknya sistem pendingin PLTN di Prefektur Fukushima.

Badan Survei Geologi AS (USGS) sebelumnya mengatakan, gempa itu bermagnitudo 6,5, tetapi kemudian merevisi kekuatannya menjadi 6,1. Pusat gempa terletak sekitar 112 kilometer di timur Sendai, di kedalaman 17 kilometer. Badan cuaca Jepang mengatakan, gempa itu sepertinya merupakan gempa susulan dari gempa besar yang terjadi pada dua minggu lalu itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com