Beruang Muda Ini Mati Akibat Epilepsi

Kompas.com - 27/03/2011, 08:00 WIB
EditorBenny N Joewono

MOSKOW, KOMPAS.com - Knut, seekor beruang kutub yang menjadi simbol Kebun Binatang Berlin, tenggelam saat mengalami kejang akibat epilepsi.

Knut, beruang kutub pertama yang lahir di Kebun Binatang Berlin dalam 30 tahun terakhir, secara tak terduga mati pada 19 Maret lalu setelah jatuh ke dalam kolam di kandangnya.

Dokter Ahli Syaraf hewan, Christian Elger dari Universitas Bonn mengatakan kepada Focus Online bahwa gerakan kejang-kejang Knut, yang menyebabkan kejatuhannya, merupakan gejala awal dari serangan epilepsi.

"Mereka yang menderita epilepsi 23 kali lebih besar berpeluang untuk mati karena tenggelam," kata Christian Elger, Sabtu (26/3/2011).

Institut Leibniz untuk Riset Kebun Binatang dan Margasatwa di Berlin saat ini tengah memeriksa otak Knut.

Menurut para dokter hewan, Knut bisa saja mewarisi epilepsi dari ayahnya, Lars, yang juga mati karena serangan epilepsi.

Knut dilahirkan pada Desember 2006, namun ibunya menolak anak beruang itu, beberapa saat setelah ia dilahirkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Knut menarik perhatian komunitas internasional dan menjadi selebritas dunia saat mejadi simbol untuk gerakan anti pemanasan global, dan sebuah poster anak beruang untuk gerakan perlindungan terhadap beruang kutub.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X