Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentara Serbu Masjid, 6 Demonstran Tewas

Kompas.com - 24/03/2011, 01:05 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com - Tentara Suriah membunuh sedikitnya enam orang, Rabu (23/3/2011), saat menyerbu sebuah masjid di bagian selatan Kota Deera, basis perlawanan rakyat melawan Presiden Bashar al-Assad dari Partai Baath.

Para korban tewas termasuk Ali Ghassab al-Mahamid, seorang dokter dari keluarga terkemuka di Deraa yang saat itu pergi ke masjid guna membantu korban usai serangan tentara pada dini hari.

"Dr Mahamid ditembak oleh penembak jitu. Jaringan telepon terganggu tetapi kami dapat menghubungi warga dekat masjid itu dengan jaringan telepon Yordania," kata seorang penduduk Deraa. Kota itu berada di perbatasan Suriah-Yordania.

Sebelum serangan, aliran listrik di kawasan itu dipadamkan, dan sambungan telepon diputus. Teriakan Allahu Akbar bergema di sekitar masjid itu ketika suara tembakan mulai terdengar. Belum ada keterangan jelas soal apakah para demonstran juga bersenjata.

Insiden kali ini menambah daftar korban tewas menjadi 10 warga sipil yang dibunuh tentara selama enam hari demonstrasi yang menuntut kebebasan politik dan pemberantasan korupsi di negeri berpenduduk 20 juta itu.

Partai Baath yang berkuasa melarang oposisi dan memberlakukan undang-undang darurat sejak 1963. Rezim Assad belum menanggapi insiden yang merupakan tantangan terbesarnya sejak dia menjabat menggantikan ayahnya, Hafez al-Assad, pada 2000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com