Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baku Tembak Bebaskan "Vega 5"

Kompas.com - 15/03/2011, 12:54 WIB

KOMPAS.com - Angkatan Laut (AL) India akhirnya beraksi melawan para bajak laut. Seturut warta AP dan AFP pada Selasa (15/3/2011), tentara memang memperoleh tanda permintaan bantuan. Kala itu, kapal Vega 5 berbendera Mozambik memang menjadi target operasi militer lantaran sudah sejak akhir Desember tahun lalu kapal naas itu berada di tangan perompak.

Maka, operasi penyelamatannya melibatkan dua kapal tempur India di kawasan Laut Arab atau sekitar 1100 kilometer lepas pantai Kochi. Penyelamatan itu pun diwarnai baku tembak.

Angkatan Laut India mengatakan berhasil menangkap 61 bajak laut dan berhasil menyelamatkan 13 kru kapal asal Mozambik yang menjadi korban pembajakan di Samudera Hindia. Sejumlah senjata berbagai ukuran ikut disita dalam penggerebekan tersebut.

Penangkapan ini merupakan yang terbesar. Akan tetapi, tidak jelas dari mana asal para pembajak laut tersebut.

Sebelumnya, pada Februari kemarin 28 tersangka pembajak asal Somalia ditangkap di Samudera Hindia. Saat ini serangan bajak laut di kawasan Samudera Hindia memang semakin meningkat diwarnai dengan kekerasan.

Sementara itu, sebuah kapal Bangladesh yang dibajak tahun lalu dilaporkan telah dibebaskan setelah pemiliknya membayar uang tebusan. Kapal M V Jahan Moni yang berisi 26 kru kapal dibebaskan setelah pemilik kapal membayar 4 juta dollar AS. Kapal ini ditangkap awal Desember lalu saat dalam perjalanan menuju Yunani.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com