Giliran Reaktor Nomor 2 Bermasalah

Kompas.com - 14/03/2011, 20:24 WIB
EditorTri Wahono

TOKYO, KOMPAS.com - Pemerintah Jepang melaporkan kegagalan sistem pendingin di reaktor nuklir nomor 2 di Fukushima Daiichi. Dilaporkan, kegagalan mulai terjadi Senin (14/3/2011) hari ini, beberapa saat setelah ledakan terjadi pada reaktor nomor 3.

"Kami pikir, ledakan hidrogen pada reaktor nomor 3 menyebabkan sistem pendingin pada reaktor nomor 2 gagal bekerja," kata Sekretaris Kabinet Yuko Edano Senin (14/3/11) seperti dikutip CNN.

Ia mengatakan, level air pada reaktor nomor 2 menurun, disertai dengan kenaikan tekanan. Pihak terkait merencanakan untuk melepaskan gas dan menginjeksikan air laut ke dalam reaktor sebagai gantinya.

Sebelum kegagalan sistem pendingin di reaktor nomor 2, ledakan dilaporkan terjadi di reaktor nomor 3. Ledakan yang disebabkan oleh meningkatnya hidrogen akibat injeksi air laut ke reaktor menyebabkan 1ledakan yang melukai 11 orang.

Ledakan tidak menyebabkan kerusakan reaktor maupun kebocoran radioaktif yang signifikan. Sejauh ini, level radioaktif masih dalam batas wajar. US Navy mendeteksi adanya radiasi rendah hingga jarak 100 mil timur laut PLTN itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.