Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Perempuan Demonstran Ditembak Mati

Kompas.com - 04/03/2011, 04:15 WIB

ABIDJAN, KOMPAS.com — Pasukan keamanan Pantai Gading pro-Laurent Gbagbo menembak mati sedikitnya enam perempuan yang demonstrasi untuk mendukung calon presiden saingannya, Alassane Ouattara, Kamis (3/3/2011),

Penembakan terjadi ketika ratusan perempuan berkumpul di daerah Abobo Abidjan, markas Alassane Ouattara, dan meneriakkan "Gbagbo, enyah!" dan "Alassane presiden".

Ketika Pasukan Pertahanan dan Keamanan tiba dengan kendaraan lapis baja, "Mereka melepaskan tembakan," kata seorang warga yang lain. "Enam wanita tewas di lokasi," katanya.

Beberapa saksi lain mengatakan, jumlah korban tewas lebih dari itu dan banyak yang cedera. Beberapa di antaranya akibat tembakan dan yang lain terinjak-injak setelah penembakan itu.

Bentrokan keras meletus di negara Afrika barat itu sejak perselisihan menyangkut pemilihan presiden 28 November. Ouattara diakui menang oleh negara-negara Barat.

Gbagbo yang berkuasa sejak 2000 menolak untuk meninggalkan kursi presiden. Ouattara mendapat dukungan internasional, termasuk PBB, sementara Uni Afrika membentuk satu tim kepala negara untuk mencari cara mengatasi krisis tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com