Dubes Libya untuk Indonesia Juga Mundur

Kompas.com - 23/02/2011, 09:00 WIB
EditorEgidius Patnistik

JAKARTA, KOMPAS.com — Duta Besar Libya untuk Indonesia, Salaheddin M El Bishari, mengajukan pengunduran diri, Selasa, sebagai protes atas tindakan brutal Moammar Khadafy. Mundurnya El Bishari menambah panjang daftar duta besar Libya di seluruh dunia yang membangkang terhadap Khadafy. Sebelumnya, Duta Besar Libya untuk AS, PBB, India, Banglades, dan Australia juga menyatakan berhenti dari posisi mereka sebagai protes atas tindakan brutal rezim Khadafy terhadap rakyatnya sendiri.

"Sebagai reaksi atas apa yang sedang terjadi di negara saya, saya telah mengajukan pengunduran diri saya sebagai sekretaris Dewan Rakyat Libya di Indonesia. Ini efektif mulai hari ini (Selasa)," kata El Bishari kepada harian The Jakarta Post, dalam sebuah wawancara, Selasa. Dalam rezim khas Khadafy, Kedutaan Libya disebut Dewan Rakyat Libya dan duta besar disebut sekretaris dewan.

El Bishari, kata Jakarta Post, berencana untuk menginformasikan kepada Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Urusan Afrika Departemen Luar Negeri Indonesia, TM Hamzah Thayeb, tentang keputusannya itu. "Saya berencana untuk menyerahkan surat kepada Pak Hamzah hari ini (Selasa). Tapi tidak bisa terwujud, mungkin besok," kata El Bishari.

Rezim otoriter Khadafy yang telah berkuasa 41 tahun menindak secara brutal para demonstran yang menuntut adanya reformasi politik di negara itu. Ia misalnya mengerahkan pesawat tempur untuk membom para pengujuk rasa.

"Para tentara sedang membunuh tanpa ampun warga sipil yang tak bersenjata dengan menggunakan persenjataan berat, jet tempur, dan tentara bayaran. Hal ini tidak dapat diterima," kata El Bishari, yang biasanya tenang, dengan nada marah. "Saya merasa sudah cukup. Saya tidak bisa mentolerir lagi."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    25th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X