Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Tenggelam, 51 Imigran Gelap Tewas

Kompas.com - 16/02/2011, 06:55 WIB

MAPUTO, KOMPAS.com - Sebanyak 51 imigran gelap Somalia tewas setelah kapal yang mengangkut mereka tenggelam di lepas pantai Mozambik utara, kata polisi, Selasa (15/2/2011).

"Ada 51 korban tewas, 50 warga Somalia dan kapten kapal itu," tutur juru bicara polisi Pedro Cossa pada wartawan. Ia menambahkan, kapal itu tenggelam di lepas pantai pulau Suhavo di Capo Delgado.

Menurut dia, kapal milik Tanzania yang datang dari Somalia itu membawa 129 imigran tidak sah, terdiri atas 89 warga Somalia dan 40 Ethiopia, ketika kapal itu tenggelam pada 5 Februari lalu. Imigran yang selamat telah dikirim ke sebuah pusat pengungsi di Nampula, Mozambik utara, jelas Cossa.

Pekan lalu, pemerintah telah memulangkan 123 imigran gelap Somalia yang mendarat di pulau itu (Suhavo).

Tahun lalu sebuah kapal yang membawa imigran gelap dari Somalia tenggelam di lepas pantai Provinsi Cabo Delgado, menewaskan sembilan orang.

Negara itu telah menyaksikan aliran terus-menerus imigran Somalia, Ethiopia, Bangladesh, India dan China masuk Mozambik utara dan sebagian besar dari meereka diyakini akan menuju ke Afrika Selatan.

Janji kehidupan yang lebih baik di Afrika Selatan, ekonomi terbesar di benua itu, telah menarik sejumlah imigran setiap tahun, sebagian besar dari Afrika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com