Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malam Ini, Topan Yasi Terjang Queensland

Kompas.com - 02/02/2011, 19:22 WIB

CANBERRA, KOMPAS.com - Wilayah Queensland kembali diancam bencana besar. Setelah sempat dilanda banjir bandang terparah dalam sejarah petengahan Januari 2011 lalu, wilayah di timur laut Benua Australia tersebut kini juga dilanda ancaman topan raksasa Yasi.

"Yasi, topan terbesar dalam seabad terakhir diperkirakan menerjang pantai Rabu tengah malam," demikian peringatan yang dikeluarkan Badan Meteorologi Australia. Topan Yasi diprediksi akan memasuki daratan antara Rabu tengah malam hingga Kamis dini hari waktu setempat atau malam ini sekitar pukul 21.00 WIB.

Badan Meteorologi setempat telah meningkatkan status badai tersebut dalam kategori lima. Ini merupakan badai dengan kategori lima pertama sejak tahun 1918. Potensi ancamannya tidak hanya merusak material yang dilewati, namun juga mengancam nyawa manusia di daerah terdampak.

Topan Yasi diperkirakan membawa angin dengan kecepatan sampai 280 kilometer per jam ketika topan itu menghantam pantai negara bagian Queensland. Kekuatannya diperkirakan setara dengan Badai Katrina, yang meluluh-lantakkan New Orleans di Amerika Serikat pada 2005.

Diameter topan tersebut diperkirakan mencapai 800 kilometer sehingga diperkirakan tidak hanya menyapu wilayah pantai, namun bakal menyapu jauh ke daratan. Jelajah topan ke daratan diperkirakan mencapai 1000 kilometer sebelum akhirnya melemah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com