Dua Masinis KA Jalani Pemeriksaan

Kompas.com - 28/01/2011, 13:43 WIB
EditorTri Wahono

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Masinis Kereta Api (KA) Mutiara Selatan dan KA Kutojaya Selatan yang bertabrakan di Stasiun Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat, menjalani pemeriksaan oleh Kepolisian Resor Kota Banjar.

"Masinis dalam keadaan selamat dan saat ini masih menjalani pemeriksaan oleh kepolisian. Namun saya tidak tahu pasti di mana pemeriksaan itu dilakukan," kata Kepala Humas PT Kereta Api Daerah Operasi V Purwokerto, Surono, Jumat (28/1/2011).

Ia mengatakan, masinis yang menjalani pemeriksaan, yakni Kuswanto (KA Kutojaya Selatan) dan Sugeng K (KA Mutiara Selatan). Selain itu, kata dia, asisten masinis dua KA tersebut juga menjalani pemeriksaan, yakni Muslihudin (KA Kutojaya Selatan) dan Yarianto (KA Mutiara Selatan). Menurut dia, kepolisian juga memeriksa sejumlah saksi mata termasuk petugas Stasiun Langensari yang dinas pada saat tabrakan itu terjadi.

"Kami belum bisa menyimpulkan penyebab tabrakan tersebut karena masih harus menunggu investigasi dari kepolisian dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT)," katanya. Disinggung mengenai biaya pengobatan bagi penumpang yang terluka, dia mengatakan, seluruhnya akan ditanggung oleh PT Kereta Api Indonesia.

Peristiwa tabrakan ini terjadi saat KA Kutojaya jurusan Bandung-Kutoarjo yang datang dari arah Bandung, berhenti di jalur tiga Stasiun Langensari, Jumat, pukul 02.23 WIB, untuk menunggu persilangan dengan KA Mutiara Selatan jurusan Surabaya-Bandung yang datang dari arah berlawanan. Akan tetapi, KA Mutiara Selatan yang datang dari arah Surabaya tersebut justru masuk ke jalur tiga sehingga tabrakan pun tidak dapat dihindarkan.

Akibat peristiwa tersebut, tiga orang penumpang meninggal dunia dan puluhan penumpang lainnya terluka, baik ringan maupun sedang. Seluruh korban meninggal dunia dan terluka segera dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah Kota Banjar. Meskipun berada di Jawa Barat, Stasiun Langensari termasuk wilayah kerja PT Kereta Api Daerah Operasi V Purwokerto, Jawa Tengah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.