Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Pendiri WikiLeaks Difilmkan

Kompas.com - 21/01/2011, 19:07 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com -- Julian Assange, pendiri situs kontroversial WikiLeaks yang belakangan ini menjadi pembicaraan publik dunia, tampaknya menjadi sosok menarik bagi sejumlah pembuat film.

Kisahnya kini tengah digodok untuk diangkat ke layar lebar oleh dua perusahan film, yakni Josephson Entertainment dan Michelle Krumm Productions. Diwartakan Variety, Jumat (21/1/2011), keduanya tengah berusaha mengembangkan cerita biografi Assange untuk dihadirkan ke dalam film.

Kisah akan diangkat berdasarkan buku yang ditulis Andrew Fowler, berjudul "Manusia Paling Berbahaya di Dunia". Buku ini mencakup sejumlah peristiwa besar dalam kehidupan Assange dari mulai masa kecilnya hingga sepak terjangnya membangun WikiLeaks.     Lewat situs WikiLeaks, organisasi yang berbasis di Swedia itu,  menjadi perhatian dunia dan membuat banyak negara gerah menyusul dibocorkannya dokumen-dokumen rahasia sejumlah negara.  Pada Juli 2010, situs ini mengundang kontroversi setelah membocorkan dokumen perang Afganistan. November 2010, WikiLeaks mulai merilis kabel diplomatik Amerika Serikat dengan sejumlah negara.

Michelle Krumm, Barry Josephson dan LH Adonis yang berencana membuat proyek tersebut, berniat menjadikannya sebagai sebuah drama-thriller. Namun, hingga kini belum disebutkan kapan film akan diproduksi.  

Julian Assange saat ini sedang menjalani tahanan rumah di Inggris. Ia dicari oleh otoritas Swedia yang telah menuduhnya melakukan kejahatan seks. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com