Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hu Desak AS Kurangi Pembatasan Ekspor

Kompas.com - 21/01/2011, 13:53 WIB

CHICAGO, KOMPAS.com -— Presiden China Hu Jintao, Kamis (20/1/2011), mendesak Amerika Serikat mengurangi pembatasan ekspor teknologi tinggi ke China setelah Beijing dan Washington menandatangani 45 miliar dollar AS transaksi perdagangan selama kunjungannya ke AS. "China ingin bekerja sama dengan AS untuk sepenuhnya menekan potensi fiskal kerja sama kita, mencakup masalah keuangan, energi, infrastruktur lingkungan, dan bidang-bidang lain," kata Hu dalam pidato di hadapan para pemimpin politik dan bisnis di Chicago. "Kami berharap AS akan bekerja dalam semangat yang sama dan melonggarkan kontrol pada ekspor teknologi tinggi ke China."

Hu juga menyoroti kebutuhan "tingkat lapangan bermain" untuk bisnis China yang beroperasi di AS. Ia juga mengatakan, yang diperlukan kedua negara adalah bekerja sama untuk memajukan perundingan perdagangan global dan menolak proteksionisme.

Hu terbang ke Chicago setelah bertemu Presiden AS Barack Obama dan para politisi serta pelaku bisnis di Washington di samping menghadiri acara santap malam kenegaraan yang mewah pada Rabu. Anggota parlemen terkemuka AS sebelumnya mengatakan, mereka telah menekan Hu atas merajalelanya pencurian kekayaan intelektual selama pertemuan di Capitol Hill.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com