Ahmadinejad Ingatkan Barat

Kompas.com - 20/01/2011, 17:58 WIB
EditorJosephus Primus

YAZD, KOMPAS.com — Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan bahwa campur tangan asing hanya akan membuat masalah di Lebanon dan Tunisia lebih rumit. "Campur tangan negara lain atas masalah di Lebanon dan Tunisia malah menambah rumit keadaan dan penting bagi kedua negara serta masing-masing pemimpinnya mengatasi sendiri masalah mereka," kata Ahmadinejad pada acara di Provinsi Yazd, Rabu (19/1/2011).    

Ia mengatakan, "Warga Lebanon harus menyadari bahwa mereka sedang menjalani tahapan penting dan ada negara yang berusaha melemahkan kesatuan mereka."    

Pada Rabu, 11 menteri meninggalkan kabinet di Lebanon saat ketegangan meningkat dengan penyelidikan Perserikatan Bangsa-Bangsa atas pembunuhan mantan Perdana Menteri Rafiq Hariri pada 2005, menjatuhkan pemerintah Perdana Menteri Saad Hariri yang didukung Amerika Serikat.    

Dalam pernyataan yang ditujukan kepada Amerika Serikat dan Israel, yang disebut sebagai rezim Zionis itu, Ahmadinejad mengatakan, Lebanon mampu menyelesaikan masalah mereka. "Bila Anda tidak menghentikan tindakan jahat itu, Lebanon dan negara di kawasan akan memutuskan tangan kotor Anda," ujarnya.

"Jangan membuat catatan Anda lebih gelap oleh campur tangan tidak perlu," kata Ahmadinejad.

   
Saat menanggapi perkembangan terakhir di Tunisia, Ahmadinejad juga memperingatkan pihak asing agar tidak mencampuri masalah dalam negeri negara tersebut.    

Setelah beberapa pekan unjuk rasa karena pengangguran dan harga barang tinggi, Presiden Tunisia Zine El Abidine Ben Ali lari ke Jeddah, Arab Saudi, pada Jumat (14/1/2011). "Pihak lain tidak memiliki hak mencampurinya karena Tunisia adalah negara matang secara intelektual dan dapat membuat keputusan untuk diri mereka," katanya.    

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam sambutannya, ia juga menyebut kerja sama dengan Iran adalah kepentingan terbaik untuk negara Barat. "Pada saat ini Iran menjadi negara nuklir dan dari sudut pandang Iran masalah nuklir sudah selesai," katanya.     "Bekerja samalah dengan Iran di bidang nuklir karena kerja sama tersebut akan menguntungkan Anda," kata Ahmadinejad kepada Barat.    

Ia juga mengatakan, "Kami menyambut kerja sama dari Anda berdasarkan keadilan. Namun, waspadalah karena Iran tidak akan mundur satu inci pun dari haknya."    

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.