Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahmadinejad Ingatkan Barat

Kompas.com - 20/01/2011, 17:58 WIB

YAZD, KOMPAS.com — Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad mengatakan bahwa campur tangan asing hanya akan membuat masalah di Lebanon dan Tunisia lebih rumit. "Campur tangan negara lain atas masalah di Lebanon dan Tunisia malah menambah rumit keadaan dan penting bagi kedua negara serta masing-masing pemimpinnya mengatasi sendiri masalah mereka," kata Ahmadinejad pada acara di Provinsi Yazd, Rabu (19/1/2011).    

Ia mengatakan, "Warga Lebanon harus menyadari bahwa mereka sedang menjalani tahapan penting dan ada negara yang berusaha melemahkan kesatuan mereka."    

Pada Rabu, 11 menteri meninggalkan kabinet di Lebanon saat ketegangan meningkat dengan penyelidikan Perserikatan Bangsa-Bangsa atas pembunuhan mantan Perdana Menteri Rafiq Hariri pada 2005, menjatuhkan pemerintah Perdana Menteri Saad Hariri yang didukung Amerika Serikat.    

Dalam pernyataan yang ditujukan kepada Amerika Serikat dan Israel, yang disebut sebagai rezim Zionis itu, Ahmadinejad mengatakan, Lebanon mampu menyelesaikan masalah mereka. "Bila Anda tidak menghentikan tindakan jahat itu, Lebanon dan negara di kawasan akan memutuskan tangan kotor Anda," ujarnya.

"Jangan membuat catatan Anda lebih gelap oleh campur tangan tidak perlu," kata Ahmadinejad.

   
Saat menanggapi perkembangan terakhir di Tunisia, Ahmadinejad juga memperingatkan pihak asing agar tidak mencampuri masalah dalam negeri negara tersebut.    

Setelah beberapa pekan unjuk rasa karena pengangguran dan harga barang tinggi, Presiden Tunisia Zine El Abidine Ben Ali lari ke Jeddah, Arab Saudi, pada Jumat (14/1/2011). "Pihak lain tidak memiliki hak mencampurinya karena Tunisia adalah negara matang secara intelektual dan dapat membuat keputusan untuk diri mereka," katanya.    

Dalam sambutannya, ia juga menyebut kerja sama dengan Iran adalah kepentingan terbaik untuk negara Barat. "Pada saat ini Iran menjadi negara nuklir dan dari sudut pandang Iran masalah nuklir sudah selesai," katanya.     "Bekerja samalah dengan Iran di bidang nuklir karena kerja sama tersebut akan menguntungkan Anda," kata Ahmadinejad kepada Barat.    

Ia juga mengatakan, "Kami menyambut kerja sama dari Anda berdasarkan keadilan. Namun, waspadalah karena Iran tidak akan mundur satu inci pun dari haknya."    

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com