Tiga Anggota TNI AD Disidang di Mahmil

Kompas.com - 14/01/2011, 02:56 WIB
Editor

Jakarta, Kompas - Tiga anggota Batalyon 753 disidang di Mahkamah Militer III-9 Jayapura dalam kasus penyiksaan warga Papua yang pernah dimuat di situs YouTube.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjen Wiryantoro, Kamis (13/1). ”Sidang ini bersifat terbuka dan dilangsungkan dalam rangka mencapai kepastian hukum,” kata Wiryantoro. Ia menyatakan, di satu sisi para prajurit itu sedang melakukan tugas negara. Mereka berada di bawah tekanan juga karena ada fakta dan informasi, banyak orang bersenjata yang melakukan penyerangan. ”Akan tetapi, cara interogasi seperti itu tidak dibenarkan dan melanggar HAM,” kata Wiryantoro.

Menurut kantor berita Antara, tiga anggota Kodam Cendrawasih itu terdiri atas seorang bintara dan dua tamtama, yaitu Sersan Dua Irman Risqianto, Prajurit Satu (Pratu) Yakson Agu, dan Pratu Thamrin Mahanggiri.

Dalam sidang pertama, ketiganya disebut terbukti terlibat dalam penganiayaan kepada warga setempat saat bertugas dalam operasi pengamanan daerah rawan di Kampung Gurage, Kecamatan Tinggi Nambut, Kabupaten Puncak Jaya, Papua.

Mereka dikenai Pasal 103 KUHP Militer, yaitu perbuatan tidak menaati perintah atasan dengan ancaman 2 tahun 6 bulan penjara. Mayor Soemantri, selaku oditur, menyatakan, karena tidak ada saksi korban, ketiganya tidak kena pasal penganiayaan.

Sebelumnya, empat orang yang didakwa dengan pasal yang sama dikenai hukuman lima dan tujuh bulan penjara. Saat ini mereka dalam proses banding.

Direktur Human Rights Working Group Rafendi Djamin mengatakan, perhatian internasional pada berbagai kasus di Papua belum mendorong penyelesaian konkret berbasis HAM di Papua. (EDN/DAY)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.