Rasa Indonesia di Bandar Djakarta

Kompas.com - 11/01/2011, 16:54 WIB
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com — Restoran Bandar Djakarta, Senin (10/1/2011), mengadakan acara ucap syukur karena mendapatkan penghargaan Best of The Best Restaurant pada Indonesia Tourism Award 2010. Indonesia Tourism Award 2010 diselenggarakan oleh Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata.

Penghargaan ini didapatkan melalui jajak pendapat atau polling responden pembaca majalah SWA dari seluruh Indonesia. Selain sebagai Best of The Best Restaurant, Bandar Djakarta juga sebelumnya mendapatkan penghargaan Restoran Seafood Terfavorit 2010.

Rasa Indonesia pada Bandar Djakarta dapat dilihat dari pemakaian bahan dan bumbu untuk setiap menu mereka. Walaupun Bandar Djakarta memiliki menu non-Indonesia, tetapi seleranya disesuaikan selera lidah orang Indonesia. Bahan dan bumbu pun menggunakan 100 persen produk lokal. Bahan laut didapat dari berbagai lautan Indonesia.

"Kepiting, misalnya, ada yang dari Tarakan, Kendari, sampai Muara Gembong. Yang terbaru dari Ujung Kulon, bentuknya lucu dan tidak mencapit," ujar Sunarja Lasmana, salah seorang pendiri Bandar Djakarta.

Ia menceritakan bahwa Bandar Djakarta sering kali mendapatkan ulasan di media asing sebagai salah satu destinasi wisata kuliner di Jakarta. Walaupun demikian, ia mengakui bahwa tingkat kunjungan wisatawan asing ke restoran tersebut baru berkisar 10-20 persen. Sebagian besar wisman berasal dari Eropa dan Arab.

Menurut Sunarja, pihaknya berencana untuk lebih memperbaiki kualitas Bandar Djakarta dan berharap Bandar Djakarta dapat membawa nama Indonesia ke seluruh dunia. Hal tersebut sejalan dengan pernyataan Direktur Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata Kembudpar, Firmansyah Rahim.

"Bandar Djakarta memiliki rasa Indonesia yang sesuai dengan branding baru pariwisata Indonesia, yaitu 'Wonderful Indonesia'. Salah satunya kuliner, kuliner Indonesia yang luar biasa," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karena itu pula, Bandar Djakarta mengangkat tema "Rasa Indonesia di Bandar Djakarta Turut Serta Sukseskan Wonderful Indonesia 2011".

Bandar Djakarta merupakan restoran seafood yang terletak persis di tepi laut Teluk Jakarta, di dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol, dan telah berumur sembilan tahun. Bandar Djakarta menyediakan berbagai macam hidangan laut. Keunikan Bandar Djakarta adalah memiliki pasar ikan sendiri. Pengunjung dapat memilih dan membeli ikan segar untuk dimasak sesuai menu yang tersedia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.