Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersantai di Kebun Wisata Pasirmukti

Kompas.com - 04/01/2011, 07:07 WIB

KOMPAS.com — Mungkin ini bukan untuk para backpacker karena tempat ini lebih cocok untuk wisata keluarga dan acara kumpul-kumpul (gathering). Namun, tempat ini dapat menjadi alternatif jalan-jalan hemat. Dengan menyediakan budget Rp 50.000-Rp 300.000, Anda dapat menikmati berbagai fasilitas yang ditawarkan Kebun Wisata Pasirmukti di Citeureup, Bogor, sekitar satu jam dari Jakarta. Jadi, Anda bisa pagi berangkat, siang main, sore pulang.

Akhir pekan lalu, saya sekeluarga menyempatkan bersantai sejenak di Kebun Wisata Pasirmukti setelah menghadiri acara wisuda kakak-kakak saya. Ceritanya sih, pengen ngumpul-ngumpul sekaligus refreshing, he-he-he....

Kebun Wisata Pasirmukti ini dapat dicapai sekitar sejam dari Jakarta. Memiliki luas sekitar 80 hektar dengan fungsi utama sebagai lokasi agrowisata, Pasirmukti juga memfasilitasi berbagai acara outbound. Ada fasilitas combat battle fields, flying fox, dan sebagainya. Mungkin untuk menyeimbangkan dengan biaya maintenance juga. Saya lihat ada banyak sekali mandor kebun dan petugas satpam yang bertugas di beberapa titik lokasi.

Di sini ada pula peternakan sapi, ayam, bebek, marmut, dan sebagainya. Hmm, bukan peternakan betulan sih, karena fungsi sebenarnya hanya untuk memperkenalkan anak-anak terhadap binatang ternak. Jadi, skalanya juga masih kecil-kecilan. Keponakan saya yang berusia dua tahun tampak senang sekali dapat mengelus kambing, marmut, hewan-hewan lain, dan memberi mereka makan. Ada landak juga!

Udaranya juga bersih dan enak buat leyeh-leyeh. Sayangnya, karena saat ini masih musim hujan, sungainya terlihat keruh. Padahal, katanya, kalau cuaca lagi normal, sungainya akan terlihat jernih sekali.

Satu lagi yang menarik, pada musim rambutan, pohon-pohon di depan penginapan tampak meriah dengan rambutannya. Huiii..., menggiurkan! Tapi sayang, ada papan besar bertuliskan "Dilarang Memetik Buah". Tapi, kalau mau beli sih bisa saja, tiga ikat Rp 10.000. Kalau mau lebih puas, Anda juga bisa memanen satu pohon rambutan, biayanya Rp 300.000-RP 400.000 per pohon. Wah, pasti puas dan kenyang banget tuh, he-he-he....

Tempat ini terkenal dengan jeruk lemong cui-nya. Kenapa disebut lemong? Kayaknya sih agak-agak terpengaruh lafal Perancis kali ya? He-he-he....

Pasirmukti juga menyediakan penginapan berupa bungalo dengan kisaran harga Rp 1,1 juta-Rp 2,4 juta per malam dengan kapasitas 5-15 orang. (Herajeng Gustiayu)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com