Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Digelar Misa di Lokasi Ledakan

Kompas.com - 02/01/2011, 17:00 WIB

ALEXANDRIA, KOMPAS.com - Puluhan umat Kristiani, Minggu (2/1/2011), melakukan misa di Gereja al-Qiddissin di Alexandria, Mesir. Sebuah bom diledakkan persis di depan gereja tersebut pada Sabtu (1/1/2011) kemarin dan menewaskan 21 orang dan setidaknya 70 orang menderita luka-luka akibat ledakan bom sesaat setelah misa tahun baru usai itu.

Mayoritas umat mengenakan pakaian hitam-hitam sebagai tanda berduka. Misa dipimpin oleh Pastor Maqar. Ketika memimpin misa, Pastor Maqar mengekspresikan rasa duka citanya dalam hening.

"Saya meminta umat Kristiani untuk berdoa untuk mengurangi rasa duka cita," katanya.

Akibat bom tersebut, beberapa bagian dari gereja tersebut rusak. Dua patung Kristus dan satu patung Bunda Maria yang Kudus rusak. Kursi-kursi yang biasa digunakan untuk misa pun rusak. Darah para korban masih dapat dilihat di sekitar lokasi ledakan.

Penyerangan terhadap kelompok Kristiani di Alexandria tersebut dilaporkan sebagai yang terparah sepanjang satu dekade. Kementerian Dalam Negeri mengatakan, pengeboman tersebut didukung oleh kelompok asing yang ingin mengadu domba kelompok Kristiani dan Muslim.

Sementara itu, pemerintah daerah Alexandria menuding jaringan al-Qaeda berada di balik penyerangan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com