Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

40 Pertandingan Terancam Salju

Kompas.com - 24/12/2010, 04:09 WIB

London, Kamis - Sebanyak 40 pertandingan di Liga Inggris, yang dijadwalkan antara tanggal 26 Desember sampai 5 Januari, terancam dijadwal ulang jika curahan salju lebat terus terjadi di Inggris Raya.

Penjadwalan kembali pertandingan di Liga Inggris itu bisa mengganggu partisipasi tim-tim Inggris di laga tingkat Eropa. Di Italia, Spanyol, Jerman, Perancis, dan sejumlah negara Eropa lainnya, jadwal pertandingan sepak bola di liga-liga mereka belum banyak terganggu.

Penundaan sejumlah pertandingan sepak bola akibat salju itu, Kamis (23/12), memunculkan kembali debat tahunan nasional mengenai perlunya liburan musim dingin untuk sepak bola Inggris.

Perubahan jadwal pertandingan pada musim dingin itu memang akan dilakukan untuk mengakomodasi Piala Dunia di Qatar 2022 yang akan dilakukan pada saat musim dingin. Di luar jadwal Piala Dunia 2022 itu, kemungkinan untuk memberlakukan libur pertandingan pada musim dingin sulit direalisasikan. Justru menjelang Natal dan Tahun Baru, minat warga Inggris untuk menonton pertandingan bola semakin tinggi.

Sejak akhir pekan lalu, sejumlah pertandingan di Liga Primer Inggris telah ditunda, antara lain pertandingan antara Manchester United dan Chelsea. Pertandingan-pertandingan yang ditunda itu terpaksa dijadwal ulang pada Januari karena salju yang turun lebat sehingga tidak memungkinkan untuk digelarnya pertandingan.

Masa perubahan musim

Manajer Liverpool Roy Hodgson, yang telah melatih di sejumlah klub Eropa dan menikmati adanya liburan musim dingin, menjelaskan, liburan 15 hari pada musim dingin itu sangat penting bagi semua tim sebagai masa perubahan musim.

”Masa 15 hari itu perlu karena sepak bola bisa menjadi pertandingan yang dilakukan sepanjang tahun,” ungkap Hodgson.

Liverpool yang dijadwalkan akan bertanding melawan Blackpool, Minggu (26/12), terancam ditunda juga jika cuaca beku terus berlangsung. Padahal, akhir pekan lalu Liverpool juga tidak jadi bertanding melawan Fulham juga karena salju. Jika kondisi ini berlangsung terus, disampaikan Hodgson, bisa membuat para pemainnya frustrasi.

”Sangat tidak nyaman ketika pertandingan dibatalkan, khususnya ketika dua pertandingan dibatalkan. Untuk tim seperti kami yang masih berminat bermain di Liga Europa, hal ini sangat menyebalkan,” kata Hodgson.

(AFP/Reuters/OKI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com