7.700 Warga Sleman Masih Mengungsi

Kompas.com - 23/12/2010, 19:39 WIB
EditorLatief

SLEMAN, KOMPAS.com — Sebanyak 7.700 warga Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, terdata masih tinggal di pengungsian akibat bencana erupsi Gunung Merapi. Pemerintah Kabupaten Sleman pun memperpanjang masa tanggap darurat Merapi selama 14 hari, yang tadinya berakhir pada Kamis (23/12/2010).

Untuk melayani warga yang mengungsi tersebar di tujuh titik besar itu, Komandan Tanggap Bencana Merapi Sleman Widi Sutikno memang memperpanjang tanggap darurat bencana Gunung Merapi di Sleman.

"Kami perpanjang selama 14 hari," katanya di Sleman, Kamis.

Dengan perpanjangan tanggap darurat itu, Pemkab Sleman akan terus memasok kebutuhan hidup para pengungsi untuk kebutuhan makan dan minum pengungsi selama 14 hari ke depan.

Widi mengatakan, pihaknya telah menyediakan dana sekitar Rp 625 juta. Selain pengungsi, pihaknya masih menghadapi masalah pembangunan shelter (hunian sementara) yang belum usai dan ancaman lahar dingin. Dari rencana 2.613 unit shelter yang akan dibangun oleh Pemerintah Provinsi DIY, saat ini baru terselesaikan sekitar 200 unit.

"Banjir lahar dingin juga menjadi ancaman yang masih harus ditanggulangi," ujarnya.

Sementara itu, di salah satu titik pengungsian terbesar, Stadion Maguwoharjo, jumlah pengungsi yang masih bertahan mencapai 1.532 jiwa. Mereka adalah warga yang rumahnya hancur total akibat terkena awan panas Merapi di wilayah Kecamatan Cangkringan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sebenarnya saya sudah ingin sekali kembali ke dusun. Tapi, shelter-nya masih belum selesai. Pemerintah tolong cepat diselesaikan," ujar Partiyem (32), warga Dusun Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, yang mengungsi sejak erupsi pertama Merapi pada 26 Oktober lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.