Harusnya, Castro Meninggal pada 2006

Kompas.com - 16/12/2010, 17:29 WIB
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Saat mengangkasa di udara Kuba, Presiden Fidel Castro mengalami pendarahan usus. Kejadian itu tercatat pada Juli 2006. Karuan saja, kenyataan ini menjadi buruan para intelijen berikut diplomat AS.

Ini nukilan bocoran kawat diplomatik Amerika Serikat yang diterbitkan WikiLeaks. Warta itu dimuat di koran Spanyol El Pais sebagaimana warta AP dan AFP pada Kamis (16/12/2010).

Menurut koran itu, dokumen tersebut memerinci upaya intensif para diplomat AS mencari tahu sebab-sebab sakitnya Castro dan kemungkinan kesembuhannya. Dari dokumen itu terungkap, sumber-sumber yang tidak disebut identitasnya kepada para diplomat AS di Havana mengatakan, Castro hampir meninggal dunia akibat pendarahan itu.

Tanpa dokter

Karena perjalanan tersebut pendek, Castro tidak ditemani oleh tim dokter. Pilot kemudian langsung mendaratkan pesawat begitu mengetahui Castro mengalami pendarahan.

Menurut dokumen ini, penyakit Castro tidak mungkin disembuhkan. Maka dari itulah, Castro dianggap tidak mungkin terus menjadi presiden. "Dia (Castro) tidak akan meninggal dunia dalam waktu dekat, tetapi kondisinya akan terus memburuk hingga dia meninggal dunia," demikian bunyi salah satu laporan yang berasal dari diplomat AS di Havana.

Nama-nama sumber kawat diplomatik ini telah diubah oleh WikiLeaks. Namun jelas, beberapa di antaranya mengetahui orang-orang yang dekat dengan Fidel Castro atau memiliki akses terhadap catatan medis pemimpin Kuba tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Informasi dalam pesan diplomatik tersebut tidak bisa diverifikasi secara independen.

Di Kuba, kesehatan Castro, yang saat ini berusia 84 tahun, dikategorikan sebagai rahasia negara.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X