Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesir Buka Kembali Pantai Laut Merah

Kompas.com - 13/12/2010, 10:49 WIB

ISMAILIA, KOMPAS.com Mesir, Minggu (12/12/2010), menyatakan, negara itu akan membuka kembali pantai-pantainya buat wisatawan di tempat wisata terkenal Laut Merah setelah serangkaian serangan ikan hiu selama dua pekan terakhir, yang menewaskan satu orang dan melukai empat orang lain.

Tiga warga Rusia dan seorang warga Ukraina menderita luka parah ketika diserang di lepas Pantai Sharm Esh-Sheikh pada 5 Desember 2010 sehingga bagian paha seorang perempuan yang berusia 70 tahun tercabik serta lengan atasnya luka parah. "Kami telah mengizinkan pantai tersebut dibuka kembali dengan syarat pemilik hotel mematuhi peraturan-pemantauan baru guna menjamin keselamatan wisatawan asing sewaktu mereka menyelam atau berenang," kata Gubernur Sinai Selatan Mohamed Abdel Fadil Shousha kepada wartawan.

Ketentuan pemantauan itu meliputi patroli laut terus-menerus oleh perahu dan pembuatan menara pengawas di sepanjang garis pantai. Dari menara tersebut, para penyelam profesional yang dilengkapi teropong dapat memantau keadaan untuk mengetahui jika ada serangan hiu.

"Wisatawan akan diharuskan tetap berada di daerah yang disediakan buat berenang dan menahan diri dari memberi makan ikan hiu," kata Shousha. Kematian terakhir itu merupakan korban jiwa pertama akibat serangan hiu di Mesir sejak tahun 2004. Para pejabat baru saja mencabut larangan orang berenang di daerah tersebut, yang diberlakukan setelah serangan pertama.

"Satu hiu ekor putih yang terlihat beberapa menit sebelum serangan pertama terhadap dua warga Rusia belakangan diidentifikasi sebagai ikan hiu yang diambil gambarnya ketika perempuan Jerman diserang lima hari kemudian," tutur Elke Bojanowski, ahli mengenai ikan hiu ekor putih di Laut Merah, Kamis (9/12/2010).

Satu tim ilmuwan internasional mewawancarai beberapa saksi mata untuk mempelajari lingkungan tersebut dan mengumpulkan data dari penyelam lokal untuk memahami perilaku ikan hiu itu. Spekulasi telah berpusat pada tindakan yang menarik perhatian ikan hiu dengan umpan, atau chum, untuk merekam hewan tersebut sehingga membuat mereka berhubungan dengan manusia melalui makanan, atau penyusutan stok ikan yang dapat memaksa mereka mencari sumber makanan pilihan.

Shousha menuturkan, serangan ikan hiu tampaknya dipicu oleh satu kapal yang melemparkan domba mati ke laut sewaktu melewati Laut Merah sehingga memicu nafsu makan ikan hiu itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com