Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Yakinkan Tetangga

Kompas.com - 06/12/2010, 04:00 WIB

Kairo, Kompas - Menteri Luar Negeri Iran Manouchehr Mottaki dalam forum konferensi tentang keamanan Teluk di Bahrain menegaskan, Iran bukan ancaman. Iran ingin menjalin kerja sama dengan negara-negara Teluk.

”Kami tidak akan pernah menggunakan kekuatan terhadap negara-negara tetangga karena negara tetangga kami adalah Muslim,” kata Mottaki.

Forum digelar selama dua hari, Jumat dan Sabtu (3-4/12). Forum menjadi ajang dialog soal bocoran dokumen rahasia oleh situs Wikileaks. Situs ini menguak tentang keinginan para pemimpin Arab agar AS menggunakan segala cara untuk menghentikan program nuklir Iran.

Mantan Kepala Intelijen Arab Saudi Pangeran Turki al-Faisal dalam forum mengatakan, informasi yang muncul di Wikileaks bukan pernyataan resmi.

Menlu Bahrain Sheikh Khaled bin Ahmed al-Khalifa mengatakan, Wikileaks menguak tentang cara berpikir para pemimpin Arab.

Menlu AS Hillary Clinton, yang menghadiri konferensi, mengatakan telah mengontak puluhan pemimpin dunia terkait bocornya dokumen rahasia. Dia mengontak untuk membahas dampak bocornya dokumen.

Hillary melukiskan bocornya dokumen itu sebagai serangan terhadap dunia.

Menlu AS menelepon Presiden Pakistan Asif Ali Zardari dan berdiskusi tentang dokumen yang bocor. Jubir kepresidenan Pakistan, Farhatullah Babar, mengungkapkan, Clinton dan Zardari sepakat bahwa situs Wikileaks tidak hanya membocorkan informasi tanpa izin, tetapi juga mencerminkan ketiadaan etika.

Keduanya sepakat bahwa bocoran dokumen itu tidak akan mengganggu kemitraan AS-Pakistan. Dikatakan, dokumen tersebut hanya bagian dari masa lalu. AS-Pakistan sepakat untuk melihat ke depan.

Turki menuduh AS

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com