Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salju Kacaukan Transportasi Eropa

Kompas.com - 03/12/2010, 11:18 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Hujan salju menyapu wilayah Eropa utara dan menyebabkan bandar udara ditutup, jalan-jalan terhalang, dan layanan internasional kereta Eurostar dibatalkan. Para ahli cuaca memperkirakan, hujan salju yang lebih hebat masih akan terjadi pada Jumat (3/12/2010) ini.

Cuaca dingin yang mendadak datang dan tak sesuai musimnya itu telah berlangsung hampir seminggu. Kondisi itu telah menyebabkan aktivitas di Inggris terhenti, dengan ribuan sekolah ditutup dan para pelaju terdampar karena layanan kereta api dibatalkan serta jalan yang tertutup es dianggap tidak aman untuk dilalui. Bandara Gatwick, bandara kedua tersibuk di Inggris setelah Heathrow, ditutup dua hari berturut-turut dan telah memicu kemarahan warga karena negara dinilai tidak mampu mengatasi suhu dingin.

Bandara London mengatakan, pihaknya berharap untuk bisa beroperasi lagi pada Jumat pagi, tetapi tetap memperingatkan para wisatawan tentang kemungkinan penundaan lebih lanjut serta gangguan. Pejabat Pemerintah Inggris telah berjanji untuk meninjau bagaimana jaringan transportasi menghadapi masalah itu, sedangkan laporan media mengatakan, Inggris telah menjadi "bahan tertawaan" luar negeri.

Namun, di seluruh wilayah Eropa sedang mengalami masalah yang sama akibat suhu yang mendadak anjlok. Eurostar, yang mengoperasikan kereta antara London-Paris-Brussels, membatalkan lebih dari 20 kereta api pada hari Kamis dan mengatakan akan mengurangi layanan secara signifikan sampai hari Minggu. Bandara internasional Jenewa hanya dibuka pada Kamis pagi setelah salju hebat menyebabkan bandara itu ditutup selama satu setengah hari, tetapi jadwal masih mengalami penundaan parah.

Di bandara Dublin, Irlandia, penerbangan dibuka kembali pada Kamis malam, setelah itu ditutup untuk memungkinkan pembersihan salju dan es dari landasan pacu. Sementara puluhan penerbangan masih dibatalkan atau ditunda di bandara di Paris, Praha, dan Frankfurt.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com