Salju Kacaukan Transportasi Eropa

Kompas.com - 03/12/2010, 11:18 WIB
EditorEgidius Patnistik

LONDON, KOMPAS.com — Hujan salju menyapu wilayah Eropa utara dan menyebabkan bandar udara ditutup, jalan-jalan terhalang, dan layanan internasional kereta Eurostar dibatalkan. Para ahli cuaca memperkirakan, hujan salju yang lebih hebat masih akan terjadi pada Jumat (3/12/2010) ini.

Cuaca dingin yang mendadak datang dan tak sesuai musimnya itu telah berlangsung hampir seminggu. Kondisi itu telah menyebabkan aktivitas di Inggris terhenti, dengan ribuan sekolah ditutup dan para pelaju terdampar karena layanan kereta api dibatalkan serta jalan yang tertutup es dianggap tidak aman untuk dilalui. Bandara Gatwick, bandara kedua tersibuk di Inggris setelah Heathrow, ditutup dua hari berturut-turut dan telah memicu kemarahan warga karena negara dinilai tidak mampu mengatasi suhu dingin.

Bandara London mengatakan, pihaknya berharap untuk bisa beroperasi lagi pada Jumat pagi, tetapi tetap memperingatkan para wisatawan tentang kemungkinan penundaan lebih lanjut serta gangguan. Pejabat Pemerintah Inggris telah berjanji untuk meninjau bagaimana jaringan transportasi menghadapi masalah itu, sedangkan laporan media mengatakan, Inggris telah menjadi "bahan tertawaan" luar negeri.

Namun, di seluruh wilayah Eropa sedang mengalami masalah yang sama akibat suhu yang mendadak anjlok. Eurostar, yang mengoperasikan kereta antara London-Paris-Brussels, membatalkan lebih dari 20 kereta api pada hari Kamis dan mengatakan akan mengurangi layanan secara signifikan sampai hari Minggu. Bandara internasional Jenewa hanya dibuka pada Kamis pagi setelah salju hebat menyebabkan bandara itu ditutup selama satu setengah hari, tetapi jadwal masih mengalami penundaan parah.

Di bandara Dublin, Irlandia, penerbangan dibuka kembali pada Kamis malam, setelah itu ditutup untuk memungkinkan pembersihan salju dan es dari landasan pacu. Sementara puluhan penerbangan masih dibatalkan atau ditunda di bandara di Paris, Praha, dan Frankfurt.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.