Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transportasi Austria Terganggu Salju

Kompas.com - 02/12/2010, 12:00 WIB

WINA, KOMPAS.com - Sejak tanggal 30 November malam, seluruh Austria diguyur salju tebal sehingga mengakibatkan kekacauan dan antrean panjang lalu lintas di sebagian daerah.

Sejauh ini, telah terjadi banyak kecelakaan lalulintas akibat salju tersebut, dan dua orang tewas. Menurut laporan dari Austrian Press Agency (APA), Rabu (1/12), di daerah Freistadt, Austria utara, seorang pria berusia 69 tahun jatuh pada Selasa malam (30/11) dalam perjalanan pulang dan tak sadarkan diri. Ia kedinginan lalu meninggal.

Di Burgenland, negara bagian Austria timur, banyak mobil tergelincir dan mengalami kecelakaan akibat cuaca buruk, Rabu. Seorang pria di Wina tewas dalam kecelakaan itu. Dinas layanan darurat menyatakan, sebagian mobil itu tak menggunakan ban anti-slip karena salju.

Satu laporan yang dikeluarkan Austrian Centre for Meteorology and Geodynamics menyatakan sampai pukul 15.00 Rabu, di sebagian besar wilayah Austria salju yang turun telah mencapai lebih dari delapan centimeter dan di sebagian daerah bahkan mencapai 20 centimeter.

Kota Wina, ibu kota Austria, juga diguyur salju. Hingga pukul 15.00, salju yang turun di kota tersebut telah mencapai ketinggian 10 centimeter. Sejak pagi hari, pemerintah Wina telah mengirim lebih dari 1.500 pekerja dengan menggunakan 79 kendaraan-salju besar, 133 kendaraan- salju kecil dan 177 kendaraan yang diatur oleh perusahaan swasta di jalan-jalan guna memindahkan salju, menyiram garam untuk mencairkan salju, guna menjaga arus lalulintas di berbagai jalan utama di kota itu.

Namun, salju tersebut membuat kota Wina menghadapi kesulitan lalulintas tertentu. Kendaraan angkutan umum di sebagian daerah bahkan harus berhenti operasi untuk sementara atau mengubah jalur mereka. Sebagian persimpangan di luar kota Wina telah ditutup untuk sementara.

Menurut jurubicara bagi Vienna International Airport, Peter Kleemann, meskipun di sebagian negara Eropa dan bagian lain Austria, penerbangan telah terpengaruh atau bahkan dibatalkan, bandar udara Wina beroperasi seperti biasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com