Gaddafi Lengket dengan Perawat Bohai

Kompas.com - 01/12/2010, 09:05 WIB
EditorEgidius Patnistik

KOMPAS.com — Pemimpin Libya, Kolonel Muammar Gaddafi, dilaporkan bergantung kepada perawat Ukraina yang sangat "menggairahkan" yang mengikutinya ke mana-mana. Kabar itu berdasarkan dokumen rahasia Departemen Luar Negeri AS yang dibocorkan ke publik oleh situs web Wikileaks.

Para diplomat di Tripoli menggambarkan bagaimana pemimpin Libya itu tampak sangat bergantung kepada Galyna Kolotnytska. Gaddafi dilaporkan "tidak dapat melakukan perjalanan" tanpa Kolotnytska.

Dalam satu kawat untuk Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton, yang dikirim pada September 2009, para petugas kedutaan memberi gambaran tentang Kolonel Gaddafi, yang memiliki banyak ketakutan dan eksentrik. Memo rahasia, berjudul "Sekilas tentang Eksentrisitas Pemimpin Libya Gaddafi", itu menyatakan, dia "tampaknya bergantung" kepada perawat seniornya. "Gaddafi sangat bergantung kepada perawat Ukraina itu, Galyna Kolotnytska," yang telah digambarkan sebagai "si pirang yang menggairahkan," demikian menurut bocoran tersebut sebagaimana diberitakan Telegraph, Selasa (30/11/2010).

Kolonel Gaddafi bahkan sampai mengirim jet pribadi untuk membawa perawat itu dari Libya ke Portugal untuk bertemu dengan Gaddafi ketika perempuan itu tertunda keberangkatannya akibat permohonan visa yang terlambat.

Dokumen tersebut menambahkan, "Seorang perwira politik Ukraina baru-baru ini memastikan bahwa perawat Ukraina itu bepergian ke mana-mana bersama pemimpin Libya tersebut."

Laporan itu berlanjut dengan rincian tentang "ketakutan" Gaddafi tinggal di lantai atas bangunan bertingkat dan keengganannya untuk terbang di atas air.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.