Abu Bromo Sampai ke Abdul Rachman Saleh

Kompas.com - 28/11/2010, 11:11 WIB
EditorA. Wisnubrata

PROBOLINGGO, KOMPAS.com — Sampai Minggu (28/11/2010), Gunung Bromo terus-menerus mengepulkan asap tebal yang semakin intens. Arah kepulan asap mengarah ke barat dan barat daya. Beberapa daerah mulai mengalami hujan abu, termasuk Bandara Abdul Rachman Saleh, Malang.  

Kepala Bidang Pengamatan Gempa Bumi dan Gerakan Tanah Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Gde Suantika mengatakan, berdasarkan laporan terakhir, hujan abu tipis Gunung Bromo telah sampai di Bandara Abdul Rachman Saleh, Malang. Selain itu, dua kecamatan di Kabupaten Malang, yaitu Kecamatan Poncokusumo dan Tumpang, juga terkena dampak hujan abu Gunung Bromo.  

"Bagi warga yang mulai terkena hujan abu, kami mengimbau mereka untuk segera memakai masker demi menjaga kesehatan. Sejak tiga hari terakhir, kepulan asap Bromo memang semakin tebal dan menguat. Amplitudo getaran tremor juga makin membesar," ucapnya, Minggu (28/11/2010) di Pos Pemantauan Gunung Bromo, Probolinggo.  

Menurut Gde Suantika, Gunung Bromo terus-menerus mengeluarkan material letusan berupa kerikil, pasir, dan abu. Material kerikil hanya jatuh di sekitar kawah, sedangkan pasir jatuh di lautan pasir. Sementara itu, abu jatuh ke arah barat dan barat daya hingga menuju Kabupaten Malang. 

 

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.