Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TKW Asal Banyumas Hilang

Kompas.com - 27/11/2010, 03:51 WIB

Banyumas, Kompas - Dua tenaga kerja wanita asal Banyumas, Jawa Tengah, yang bekerja di luar negeri sejak belasan tahun silam, tidak diketahui kabarnya. Mereka adalah Kuswati, warga Desa Kaliwedi, Kecamatan Kebasen, dan Eri Supriani, warga Desa Kutasari, Kecamatan Baturraden.

Muhtarom, kakak Kuswati, Jumat (26/11), menuturkan, adiknya berangkat sebagai TKW di Arab Saudi pada 18 Oktober 1992 atau 18 tahun silam melalui perusahaan pengerah jasa TKI PT Duta Wibawa.

Dia menerima kabar terakhir tentang Kuswati pada Januari 1993.

”Waktu itu dia kirim surat dan bilang kalau sudah bekerja di rumah seorang majikan di Arab Saudi,” kata Muhtarom.

Dalam surat tersebut dituliskan, Kuswati bekerja di kota Al Baha. Muhtarom membalas surat tersebut, tetapi kantor pos di Arab Saudi mengembalikannya karena alamat tidak dikenal. Sejak saat itu, Muhtarom tidak lagi bisa berkomunikasi dengan Kuswati.

Berbagai upaya dia lakukan, mulai dari menghubungi calo dan pengerah jasa TKI yang memberangkatkan adiknya, dinas tenaga kerja setempat, hingga mendatangi Markas Koramil Kebasen.

Namun, Muhtarom gagal menemukan adiknya. Bahkan, dia sempat tertipu oknum koramil setempat yang meminta sejumlah uang untuk mencari adiknya.

Dengan bantuan dosen Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Imron Rosyadi, Muhtarom mengirimkan surat kepada Atase Tenaga Kerja Kedutaan Besar RI di Riyadh dan Bagian Tenaga Kerja Konsulat Jenderal RI di Jeddah.

Namun, berdasarkan jawaban dari KJRI Jeddah, keberadaan Kuswati tak lagi bisa dilacak karena alamat majikan yang pernah disebutnya itu tak ada.

”Saya sampai bingung harus bagaimana lagi untuk menemukan adik saya,” kata Muhtarom.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com