Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minta Dukungan, Korsel Lobi Negara Asia

Kompas.com - 23/11/2010, 04:37 WIB

Seoul, senin - Korea Selatan bakal melobi Jepang, Australia, dan Qatar, serta meminta bantuan mereka mengumpulkan dukungan dari negara-negara di Asia supaya Korea Selatan bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

Seperti dikutip dari Kantor Berita Korea Selatan, Yonhap, Senin (22/11), Wakil Presiden FIFA Chung Mong-joon akan melakukan lobi tersebut.

Sampai saat ini FIFA memang masih memilih negara mana saja yang bakal menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018 dan 2022. Dengan sistem voting, negara tuan rumah ditentukan berdasarkan suara mayoritas. Adapun FIFA akan mengumumkan negara pemenang pada Kamis (2/12).

Chung mengungkapkan, ia menginginkan negara-negara saingan Korea Selatan untuk lebih baik mendukung Korea Selatan menjadi tuan rumah Piala Dunia apabila mereka tersingkir lebih awal dari proses voting itu. ”Saat ini empat negara di Asia tengah bersaing, suara bisa terpecah,” ujar Chung yang juga mantan Presiden Asosiasi Sepak Bola Korea (KFA) itu.

Dukung Korsel

Chung dijadwalkan ke Kuala Lumpur, Senin ini, untuk mengumpulkan dukungan dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). ”Jika Piala Dunia 2022 diselenggarakan di negara yang terbagi, ini akan menjadi ideal sesuai standar FIFA,” ujarnya.

Chung juga mengklaim, Presiden FIFA Sepp Blatter memberikan dukungannya kepada Korea Selatan. ”Blatter menegaskan, apabila Korea Selatan terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia, hal itu akan berkontribusi kepada perdamaian di wilayah Asia timur laut,” ujar Chung kepada Yonhap.

Ketegangan politik di Semenanjung Korea akhir-akhir ini meningkat setelah Korea Utara maju pesat dalam pengayakan uranium. (REUTERS/HLN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com