Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaki TKW Situbondo Patah di Arab Saudi

Kompas.com - 22/11/2010, 05:46 WIB

SITUBONDO, KOMPAS.com —Kabar sedih, bahkan kabar kematian dari tenaga kerja Indonesia  di luar negeri nyaris tiap hari terdengar. Kali ini dialami Hosna (28), TKI asal Desa/Kecamatan Mangaran, Situbondo, Jawa Timur.

Hosna disika majikannya di Arab Saudi karena menuntut gajinya selama setahun agar dibayarkan. Namun, tuntutan itu berbalas siksaan dengan cambuk.

Lantaran tak kuat menahan siksa, pembantu rumah tangga yang bekerja di Arab Saudi selama dua tahun itu kabur dengan cara nekat terjun  dari jendela rumah majikannya.

Akibat aksi nekatnya itu, Hosna dikabarkan mengalami patah tulang di kedua kakinya dan harus menjalani perawatan selama dua bulan di rumah sakit Madinah.

Alfari, kerabatanya, mengaku baru mendapat kabar dari keponakannya pada 1 September 2010.

Horna menceritakan kepada pamannya melalui telepon jika dirinya  selama bekerja di rumah majikannya, gajinya selama dua tahun tidak pernah dibayar oleh majikannya.

”Pada saat meminta gajinya itu, keponakan saya malah dipukuli, dikurung, dan HP-nya dirampas,” kata Alfari, Minggu (21/11/2010).

Selama hampir dua tahun merantau di Arab Saudi, Hosna tidak pernah mengirim uang kepada orangtua dan anaknya. Bahkan, sejak 7 September 2010, pihak keluarga mulai putus komunikasi dengan Hosna.

”Makanya HP selalu tidak aktif saat dihubungi,” tutur paman Hosna sembari meneteskan air mata.

Sementara itu, Ika Widia Agustin (8), anak Hosna, mengatakan, ibunya belum bisa pulang karena sedang dirawat di rumah sakit. ”Ibu saya bilang, kakinya patah,” ujar putri pertama Hosna itu.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com