Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Myanmar Akan Bebaskan Suu Kyi

Kompas.com - 28/10/2010, 15:01 WIB

HANOI, KOMPAS.com — Menteri Luar Negeri Myanmar Nyan Win mengatakan kepada para menteri luar negeri ASEAN bahwa pemimpin oposisi Aung San Suu Kyi akan dibebaskan setelah pemilihan umum 7 November, kata seorang sumber diplomatik, Kamis. "Dia mengatakan, mereka akan membebaskan Aung San Suu Kyi mungkin setelah pemilihan," kata seorang pejabat Kementerian Luar Negeri dari salah satu delegasi pada pertemuan Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Hanoi kepada AFP.

Meski demikian, pejabat itu mengatakan, Nyan Win, yang berbicara pada jamuan santap malam menteri-menteri luar negeri, Rabu malam, tidak mengatakan secara tegas kapan tanggal Suu Kyi akan dibebaskan dari tahanan rumah. Aung San Suu Kyi, ikon demokrasi, dijebloskan ke dalam tahanan rumah yang sudah dijalani lebih dari 13 tahun.

Partainya, Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) memenangkan secara besar-besaran pemilihan umum terakhir negara tersebut tahun 1990, tetapi tak diizinkan mengambil alih kekuasaan oleh jenderal-jenderal yang berkuasa. NLD kemudian dilarang dan memutuskan memboikot pemilu, sedangkan sebagian darinya membentuk partai baru untuk bisa ikut ambil bagian dalam pemilu yang rencananya akan digelar pada 7 November depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com