Myanmar Akan Bebaskan Suu Kyi

Kompas.com - 28/10/2010, 15:01 WIB
EditorEgidius Patnistik

HANOI, KOMPAS.com — Menteri Luar Negeri Myanmar Nyan Win mengatakan kepada para menteri luar negeri ASEAN bahwa pemimpin oposisi Aung San Suu Kyi akan dibebaskan setelah pemilihan umum 7 November, kata seorang sumber diplomatik, Kamis. "Dia mengatakan, mereka akan membebaskan Aung San Suu Kyi mungkin setelah pemilihan," kata seorang pejabat Kementerian Luar Negeri dari salah satu delegasi pada pertemuan Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Hanoi kepada AFP.

Meski demikian, pejabat itu mengatakan, Nyan Win, yang berbicara pada jamuan santap malam menteri-menteri luar negeri, Rabu malam, tidak mengatakan secara tegas kapan tanggal Suu Kyi akan dibebaskan dari tahanan rumah. Aung San Suu Kyi, ikon demokrasi, dijebloskan ke dalam tahanan rumah yang sudah dijalani lebih dari 13 tahun.

Partainya, Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) memenangkan secara besar-besaran pemilihan umum terakhir negara tersebut tahun 1990, tetapi tak diizinkan mengambil alih kekuasaan oleh jenderal-jenderal yang berkuasa. NLD kemudian dilarang dan memutuskan memboikot pemilu, sedangkan sebagian darinya membentuk partai baru untuk bisa ikut ambil bagian dalam pemilu yang rencananya akan digelar pada 7 November depan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X