Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elton John Kecewa terhadap Bintang Pop Masa Kini

Kompas.com - 22/10/2010, 14:40 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Vokalis, pencipta lagu, dan pemain piano dari Inggris, Elton John (63), yakin, para bintang pop seperti Jennifer Lopez (J.Lo) akan betul-betul terlupakan dalam dekade-dekade selanjutnya karena mereka kelewat bergantung kepada para pencipta lagu dalam menulis hit untuk mereka.

Penyanyi kawakan ini mengaku rindu pada hari-hari ketika para vokalis yang juga pencipta lagu menguasai tangga-tangga lagu dan album dengan menekankan bahwa kemampuan mencipta lagu dan mencetak hit sendiri merupakan kunci bagi para bintang pop untuk berhubungan dengan para penggemar mereka.

"Dalam era 1970-an, setiap minggu Anda bisa membeli rekaman karya Bob Dylan, Paul Simon, Neil Young, Carole King, James Taylor; para pencipta lagu hebat yang lagu-lagunya langgeng," kata John.

Namun, penyanyi lagu "Rocket Man" ini yakin, hit-hit pop dari para bintang seperti J.Lo tak akan relevan dalam tahun-tahun mendatang karena, "Sekarang semuanya soal (membuat musik yang bisa sering) diperdengarkan di radio," bukan soal mencipta musik yang bermutu.

"Tak seorang pun akan menyanyikan (hit Lopez) 'Jenny from the Block' dalam 10 tahun ke depan. Menurut saya, Lady Gaga menciptakan lagu-lagu yang hebat dan, menurut saya, ada beberapa orang yang memang mencipta lagu-lagu yang hebat. Namun umumnya, jika Anda seorang penyanyi yang bergantung pada orang lain dalam menciptakan lagu untuk Anda, maka mereka sungguh dalam posisi yang sulit," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com