Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Sunat Fasilitas Kapal Induk

Kompas.com - 18/10/2010, 15:27 WIB

KOMPAS.com — Lantaran terhadang jumlah fulus, Pemerintah Inggris menyunat fasilitas kapal induk teranyar. “Untuk beberapa waktu, kapal induk terbaru tidak dilengkapi jet tempur,” kata Menteri Pertahanan Inggris Liam Fox. Pemerintah Inggris, menurut penuturan Fox, memang tengah melakukan penghematan anggaran. Fox mengatakan, jet-jet tempur yang ada akan dihapus sebelum jet penggati siap.

Kendati begitu, Fox membantah langkah ini akan mengurangi kemampuan Inggris dalam mengerahkan kekuatan udara. Beberapa laporan menyebutkan, masa jeda ini bisa berlangsung selama beberapa tahun.

F 35 Dua mantan pejabat Angkatan Laut memperingatkan keputusan menarik jet-jet Harrier sebelum jet baru F 35 siap, yang membuat Inggris tak bisa melancarkan perang seperti Perang Falkland.

Sebelumnya Menteri Keuangan George Osborne mengatakan, rencana membuat dua kapal induk baru tetap diteruskan karena pembatalan rencana ini akan lebih banyak merugikan keuangan pemerintah.

Sementara, pada Jumat pekan lalu, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Hillary Clinton menyampaikan kekhawatiran atas pengurangan anggaran pertahanan Inggris.

Menanggapi sikap AS, Menteri Luar Negeri Inggris William Hague menjamin bahwa kemampuan Inggris tidak akan berkurang meski anggaran pertahanan dikurangi.

"Kemampuan militer Inggris di banyak sektor tidak akan melemah. Kami masih akan tetap menjadi kontributor besar NATO," kata Hague kepada stasiun televisi Sky News.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com