Pesta Blogger 2010 Akomodasi Komunitas Sosial Media

Kompas.com - 18/08/2010, 14:23 WIB
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang "kopi darat" para blogger di Indonesia atau biasa di sebut dengan Pesta Blogger akan kembali akan digelar. Pesta Blogger tahun 2010 yang mengambil tema "Merayakan Keragaman" akan digelar pada Sabtu, 30 Oktober 2010 mendatang.

Irayani Queencyputri selaku Ketua Pesta Blogger 2010 mengatakan ajang tahun ini sedikit berbeda, karena menggunakan istilah baru yakni Pesta Blogger + (Pesta Blogger Plus) 2010.

"Setelah memasuki tahun keempat, khusus pada tahun ini kami memberi tema Pesta Blogger + 2010. Jadi, bukan hanya komunitas blogging, tetapi juga dari media sosial lainnya seperti Facebook, Twitter, Flickr, Devianart, Koprol, MySpace, atau citizen journalism," kata Irayani dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (18/8/2010).

Irayani menjelaskan, Pesta Blogger + ini juga terkait dengan tema yang diambil yakni "Merayakan Keragaman". Pesta Blogger + 2010 dimaksudkan untuk menjaring semua komunitas online yang sangat beragam, tidak hanya blogger tapi juga dari jejaring sosial dan forum-forum lainnya.

Dalam ajang yang pertama kali digelar pada tahun 2007 ini, pihak penyelenggara ingin mempertemukan pribadi-pribadi maupun komunitas untuk mendorong perubahan ke arah yang lebih baik dalam komunitas dunia maya agar lebih kaya akan wawasan.

"Informasi sudah lebih cepat berkembang, kita lihat suara dari komunitas ini mampu menekan para pengambil kebijakan. Saya yakin ini akan membawa gebrakan di dunia maya tapi juga di lingkungan sosial," kata Enda Nasution, seorang blogger yang juga panitia Pesta Blogger + 2010.

Perkembangan penggiat dunia blogging di Indonesia saat ini sudah mencapai kemajuan yang signifikan, mencapai hampir 2 juta orang. Sedangkan pengguna Facebook mencapai 25 juta atau meningkat 300 persen dibanding tahun 2000-an, dan pengguna Twitter dari Indonesia berada di urutan keenam dunia dengan pengghuna sebesar 2,41 persen dari jumlah total pengguna Twitter dunia.

"Indonesia punya suara yang besar dalam ajang ini. Karenanya para penggiat online mempunyai potensi yang besar untuk mendorong terjadinya perubahan," jelas Irayani.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X