Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesta Blogger 2010 Akomodasi Komunitas Sosial Media

Kompas.com - 18/08/2010, 14:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang "kopi darat" para blogger di Indonesia atau biasa di sebut dengan Pesta Blogger akan kembali akan digelar. Pesta Blogger tahun 2010 yang mengambil tema "Merayakan Keragaman" akan digelar pada Sabtu, 30 Oktober 2010 mendatang.

Irayani Queencyputri selaku Ketua Pesta Blogger 2010 mengatakan ajang tahun ini sedikit berbeda, karena menggunakan istilah baru yakni Pesta Blogger + (Pesta Blogger Plus) 2010.

"Setelah memasuki tahun keempat, khusus pada tahun ini kami memberi tema Pesta Blogger + 2010. Jadi, bukan hanya komunitas blogging, tetapi juga dari media sosial lainnya seperti Facebook, Twitter, Flickr, Devianart, Koprol, MySpace, atau citizen journalism," kata Irayani dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (18/8/2010).

Irayani menjelaskan, Pesta Blogger + ini juga terkait dengan tema yang diambil yakni "Merayakan Keragaman". Pesta Blogger + 2010 dimaksudkan untuk menjaring semua komunitas online yang sangat beragam, tidak hanya blogger tapi juga dari jejaring sosial dan forum-forum lainnya.

Dalam ajang yang pertama kali digelar pada tahun 2007 ini, pihak penyelenggara ingin mempertemukan pribadi-pribadi maupun komunitas untuk mendorong perubahan ke arah yang lebih baik dalam komunitas dunia maya agar lebih kaya akan wawasan.

"Informasi sudah lebih cepat berkembang, kita lihat suara dari komunitas ini mampu menekan para pengambil kebijakan. Saya yakin ini akan membawa gebrakan di dunia maya tapi juga di lingkungan sosial," kata Enda Nasution, seorang blogger yang juga panitia Pesta Blogger + 2010.

Perkembangan penggiat dunia blogging di Indonesia saat ini sudah mencapai kemajuan yang signifikan, mencapai hampir 2 juta orang. Sedangkan pengguna Facebook mencapai 25 juta atau meningkat 300 persen dibanding tahun 2000-an, dan pengguna Twitter dari Indonesia berada di urutan keenam dunia dengan pengghuna sebesar 2,41 persen dari jumlah total pengguna Twitter dunia.

"Indonesia punya suara yang besar dalam ajang ini. Karenanya para penggiat online mempunyai potensi yang besar untuk mendorong terjadinya perubahan," jelas Irayani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com