Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Castro Akan Luncurkan Otobiografi

Kompas.com - 28/07/2010, 11:00 WIB

HAVANA, KOMPAS.com — Fidel Castro, Selasa (26/7/2010), mengungkapkan rencana menerbitkan buku pada Agustus mendatang, yang mencakup kisah-kisah dari masa kanak-kanaknya dan menjelaskan bagaimana ia menjadi revolusioner.

Pemimpin Kuba dalam waktu lama itu, dalam pernyataan di laman internet pemerintah, cubadebate.co, mengatakan, buku 25 bab tersebut akan diberi judul La Victoria Estrategica atau Kemenangan Strategis. Buku itu akan memusatkan perhatian pada cerita tentang bagaimana 300 petempurnya di gunung Sierra Naestra akhirnya menang melawan pasukan pemerintahan Fulgencio Batista dalam revolusi yang merebut Havana pada hari Tahun Baru 1959.

Castro, yang menyerahkan kekuasaan kepada adik laki-lakinya, Raul, pada 2006, ketika ia sakit, menyatakan, ia telah pulih dan sedang merampungkan bagian kedua dari kisah tersebut.

Menurut dia, buku itu memberikan perspektifnya sendiri pada hidupnya setelah sejumlah biografi tidak sah. "Saya tidak ingin menunggu untuk menanggapi semua pertanyaan mengenai masa kanak-kanak, masa remaja, dan muda saya serta bagaimana saya menjadi seorang revolusioner dan pejuang bersenjata," katanya dalam kata pengantar bukunya itu nanti.

Kesehatan Castro tampaknya telah membaik setelah periode pengasingan diri dan sakit yang lama. Ia makin sering terlihat publik dengan tujuh penampilan di depan umum dalam tiga pekan terakhir.

Castro, yang akan berusia 84 tahun pada Agustus, masih menjadi tokoh penting di Kuba dan memegang jabatan sekretaris pertama partai komunis yang berpengaruh.

Buku baru itu ditulis melalui kerja sama dengan wartawan Kuba, Katiuska Blanoo, yang juga pengarang satu-satunya biografi Castro yang telah dipublikasikan di Kuba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com