Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stasiun TV Dibom Bunuh Diri, 4 Tewas

Kompas.com - 27/07/2010, 03:18 WIB

BAGHDAD, KOMPAS.com - Serangan bom bunuh diri terhadap saluran televisi berita Al-Arabiya di Baghdad, Irak menewaskan sedikitnya empat orang, Senin (26/7/2010).

Penyerang meledakkan kendaraan kecil yang dikemudikannya di dekat pintu gerbang kantor Al-Arabiya di daerah Harithiya, Baghdad. Korban tewas adalah pekerja pembersih dan tiga penjaga, kata juru bicara keamanan kota itu, Mayor Jendral Qassim al-Moussawi. Setidaknya 10 orang lagi terluka dalam serangan tersebut.

Sedangkan kantor Al-Arabiya, gedung-gedung di dekatnya dan sejumlah mobil rusak parah akibat ledakan itu. Saluran televisi milik orang Saudi yang berpusat di Dubai itu melaporkan, empat orang tewas, sementara sumber di Kementerian Dalam Negeri menyebutkan, enam tewas dan 20 orang cedera.

Mantan Deputi Perdana Menteri Salam al-Zobai, seorang anggota blok lintas sektarian Iraqiya di parlemen, termasuk di antara mereka yang terluka bersama lima pengawal keamanannya, kata juru bicaranya. Rumah Zobai terletak di dekat lokasi ledakan.

Serangan itu terjadi beberapa pekan setelah pasukan keamanan Irak memperingatkan sejumlah media, termasuk televisi asing seperti Al-Arabiya, bisa menjadi sasaran serangan gerilyawan Sunni di negara itu.

"Ya, ada ancaman dari Al-Qaeda terhadap media dua bulan lalu. Karena itulah kami menempatkan patroli polisi di setiap lokasi media. Ancaman-ancaman masih ada," kata Moussawi kepada kantor berita Reuters. "Ciri khas Al-Qaeda terlihat jelas dalam pemboman bunuh diri ini."

Serangan itu merupakan yang terakhir dari rangkaian kekerasan yang meningkat lagi di Irak. Pada Rabu (21/7/2010), ledakan bom mobil merenggut 30 jiwa dan mencederai 46 orang di dekat sebuah masjid di daerah Syiah kota Baquba, sebelah utara Baghdad.

Ketidakpastian politik setelah pemilihan umum 7 Maret telah menyulut peningkatan kekerasan dalam beberapa bulan terakhir. Sebanyak 284 orang -204 warga sipil, 50 polisi dan 30 prajurit- tewas pada Juni.

Menurut data pemerintah, 337 orang tewas dalam kekerasan pada Mei. Kekerasan di Irak mencapai puncaknya antara 2005 dan 2007, kemudian menurun tajam, dan serangan-serangan terakhir itu menandai terjadinya peningkatan.

Hampir 400 orang tewas dan lebih dari 1.000 lain cedera tahun lalu dalam serangan-serangan bom terkoordinasi di sejumlah gedung pemerintah, termasuk kementerian-kementerian keuangan, luar negeri dan kehakiman pada Agustus, Oktober dan Desember. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com