Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tujuh Kapal Eropa Akan Ikut ke Gaza

Kompas.com - 06/07/2010, 10:36 WIB

GAZA CITY, KOMPAS.com - European Campaign to Lift Gaza Siege, Senin, mengumumkan, tujuh kapal Eropa akan bergabung dalam Freedom FlotiLla II untuk blokade Israel di Jalur Gaza.

European Campaign, yang berpusat di Brussels, mengatakan dalam satu pernyataan bahwa puluhan pegiat dari berbagai negara serta kapal mengajukan permohonan untuk bergabung dengan Freedom Flotilla II. "Freedom Flotilla II akan memberikan kejutan kepada pihak Israel," kata pernyataan tersebut. "Salah satu kejutan itu ialah tujuh kapal Eropa akan bergabung dengan armada bantuan tersebut, yang akan lebih besar daripada Flotilla I," lanjut pernyataan itu.

European Campaign juga menyatakan kantornya menerima ribuan permohonan dari pegiat dan juru kampanye yang ingin bergabung dan berlayar ke Jalur Gaza guna menerobos pengepungan Israel. "Kami telah mengumumkan pendaftaran bagi Freedom Flotilla II tiga pekan lalu, dan sejauh ini sudah ada 9.000 orang yang mendaftarkan diri," demikian isi pernyataan tersebut.

Gaza Freedom Flotilla menjadi terkenal setelah serangan pasukan komando Angkatan Laut Israel pada 31 Mei 2010 terhadap armada kapal bantuan yang tengah menuju Jalur Gaza itu, dan sembilan pegiat asing tewas, puluhan cedera sementara kapal bantuan disita Israel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com