Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lin Dan dan Wang Yihan Pimpin China

Kompas.com - 26/04/2010, 21:41 WIB

BEIJING, Kompas.com - Juara Olimpiade Beijing 2008 Lin Dan dan pebulu tangkis putri nomor satu dunia Wang Yihan, akan memimpin tim China untuk mempertahankan Piala Thomas dan Uber di Malaysia bulan depan. Demikian pengumuman yang dikeluarkan Persatuan Bulu Tangkis China (CBA).

Lin Dan, yang kini menempati peringkat dua BWF, akan jadi andalan utama. Kali ini, tim Piala Thomas China terdiri atas empat pemain yang termasuk dalam 10 besar dunia, dan mereka juga memasang target maksimal, kembali jadi juara untuk keempat kalinya secara berturut-turut.

Di sektor putri, tim Uber China masih tetap jadi favorit. "Negeri Tirai Bambu" ini tampaknya masih sangat dominan, sehingga mereka kembali diunggulkan untuk meraih gelar turnamen dua tahunan tersebut untuk ketujuh kalinya secara beruntun.

Apalagi, kali ini tim Uber China pun membawa empat pemain yang masuk lima besar dunia, kecuali pemain nomor tiga dunia Wang Lin. Tidak terpilihnya Wang Lin dan Lu Lan, yang memenangkan gelar juara dunia di Hyderabad, India, tahun lalu, tetapi kini peringkatnya melorot ke posisi 10, menunjukkan ketatnya persaingan di sektor putri China. Ini yang membuat pelatih kepala Li Yongbo harus membuat keputusan sulit, dengan menyingkirkan dua pemain top tersebut.

"Kriteria pertama adalah peringkat dunia, tetapi itu bukan satu-satunya standar," kata Li kepada laman CBA (badminton.sport.org.cn).

"Kedua kami mempertimbangkan kemampuan pemain untuk menyelesaikan suatu pertandingan. Terakhir, kami dalam tim pelatih memilih pemain dengan teknik, mobilitas, dan kemampuan lebih baik, yang cocok dengan kompetisi beregu."

Piala Thomas ke-26 dan Piala Uber ke-23 akan berlangsung di Kuala Lumpur 9-16 Mei. China sebagai juara bertahan dan Malaysia sebagai tuan rumah, langsung tampil di putaran final. 10 negara lainnya, termasuk Indonesia, harus melewati babak kualifikasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com