Minggu, Sudan Siap Laksanakan Pemilu

Kompas.com - 09/04/2010, 00:32 WIB
Editorbnj

KHARTOUM, KOMPAS.com - Komisi Pemilihan Umum Sudan, Kamis (8/4/2010), mengatakan siap untuk menyelenggarakan pemilihan umum multi partai pertama negara itu dalam dua dasawarsa terakhir pada Minggu, sebagaimana jadwal semula.

Pengumuman itu menjawab keraguan sejumlah pihak mengenai penundaan pelaksanaan pemilihan umum tersebut.

"Seluruh persiapan telah selesai dan seluruh negara bagian siap untuk mengikuti proses pemilihan umum," kata wakil ketua komisi Abdallah Ahmed Abdallah kepada wartawan.

Sejumlah kelompok oposisi telah meminta penundaan pemilihan umum, di tengah-tengah dugaan kecurangan yang dilakukan oleh Partai Kongres Nasional Presiden Omar al-Beshir.

Pada Senin, Amerika Serikat (AS) mengatakan penundaan akan dapat diterima jika itu membantu menjawab keprihatinan.

Komisi bersikeras pemungutan suara akan dilakukan sebagaimana rencana semula pada 11-13 April, sekalipun sejumlah partai oposisi termasuk partai pesaing kuat umma mengumumkan pemboikotan pemilihan umum.

Sudan akan menyelenggarakan pemilihan umum multi partai pertama sejak 1986 yang akan terdiri dari pemilihan umum presiden, legislatif dan lokal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.